NYAWANGAN, SENDANG – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Sayyid Ali Rahmatulah Tulungagung Desa Nyawangan Kelompok 1. Telah berperan aktif dalam pelaksanaan kegiatan KKN yang dilaksanakan pada tanggal 20 Januari 2023 sampai dengan 20 Februari 2023 di Desa Nyawangan, Kecamatan Sendang, Kabupaten Tulungagung.

Program kerja unggulan Divisi Kesehatan dan lingkungan kelompok KKN Desa Nyawangan 1 adalah recovery sumber mata air dengan melakukan penanaman 200 pohon di sekitar sumber mata air di lereng Bukit Wilis. Program unggulan ini dipilih setelah mahasiswa Divisi Kesehatan dan Lingkungan melakukan survey lokasi di daerah sekitar lereng Wilis.

Dari hasil survey tersebut, mahasiswa menemukan bahwa sumber air di Desa Nyawangan berada tepat di lereng Bukit Wilis, dan itu merupakan sumber air yang penting bagi masyarakat daerah Sendang. Terdapat aliran sungai yang mengalir langsung ke bawah menjadi salah satu poin penting dalam menjaga sumber mata air agar tetap terjaga, dengan melakukan penanaman bibit tumbuhan yang memiliki resapan air tinggi maka sumber air dapat di pertahankan.

Bersama dengan komunitas Gabungan Petualang Alam Jawa Timur (GPAJ) yang di ketuai oleh Bapak Joko. Program kerja ini dilaksanakan pada Minggu, 29 januari 2023, pukul 07.00 WIB di lereng Bukit Wilis. Dengan menanam bibit pohon pinus sebagai salah satu tanaman yang memiliki resapan air yang baik. Harapan dari telaksanakan program kerja ini adalah agar sumber mata air di Desa Nyawangan dapat tetap terjaga dan semakin baik.

Acara ini juga mengajak masyarakat sekitar, dan juga karang taruna untuk bisa ikut berpartisipasi dalam melakukan penanaman. Diharapkan warga sekitar dan pemuda karang taruna juga dapat memahami tentang bagaimana cara menjaga sumber mata air. Dengan melakukan penanaman pohon yang memiliki resapan air tinggi ini, diharapkan juga agar warga sekitar tidak menebang pohon sembarangan demi menjaga hutan agar tetap asri di Desa Nyawangan. [KKN Nyawangan 1/FD]

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Saturday, Apr 27, 2024