SIRAMAN,KESAMBEN- Dalam upaya terjun langsung dalam kehidupan bermasyarakat di wilayah desa Siraman khususnya dusun Cimpling devisi kesehatan dan lingkungan hidup KKN Siraman 1 tahun 2020 dengan dukungan dari dosen pembimbing lapangan, mengikuti program posyandu di wilyah dusun Cimpling. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meninjau dan mengobservasi kesehatan masyarakat Cimpling khususnya balita dan lansia.

Dalam kegiatan ini devisi kesehatan dan lingkungan hidup tidak hanya datang berkunjung saja namun ikut terlibat kegiatan posyandu di dusun Cimpling dengan arahan dari Bidan setempat yaitu Ibu Mus. Posyandu kerap kali diidentikkan dengan balita dan anak usia dini. Namun baru-baru ini posyandu tidak hanya melayani balita, posyandu juga melayani para lansia juga. Hal ini tidak lain untuk mendukung program pemerintah dalam kesehatan anak-anak dan juga para lansia.

Terdapat beberapa layanan yang ada di posyandu dusun Cimpling saat devisi kesehatan dan lingkungan hidup ikut dalam kegiatan tersebut, pelayanannya antara lain pos balita yaitu melayani pemantauan tumbuh kembang balita yang meliputi penimbangan berta badan, tinggi badan, lingkar kepala, serta terdapat pula imunisasi yang lengkap dan ditangani langsung oleh bidan setempat.

Posyandu di desa Cimpling juga menyediakan layanan periksa bagi lansia. Dalam hal ini para lansia di daerah Cimpling didata dan diberi arahan untuk hadir dalam kegiatan posyandu lansia yang hari dan tempatnya bersamaan dengan posyandu balita. Seperti pada posyandu balita, untuk memantau kesehatan para lansia diberi sebuah kartu, yang isinya berupa identitas dan juga riwayat penyakit serta perkembangan kesehatan lansia. Prosedurnya dalam posyandu para lansia antre untuk didata dan di periksa. Pemeriksaan yang dilakukan berupa pemeriksaan berat badan, tekanan darah, dan detak jantung. Untuk pemeriksaan lebih lanjut seperti gula darah, asam urat dan lain-lain dikenakan biaya tambahan sebesar lima belas ribu rupiah.

Tugas devisi kesehatan dalam kegiatan posyandu di dusun Cimpling yaitu antara lain membantu kader posyandu menimbang berat badan bayi dan balita, mengisi BKIA (buku kesehatan ibu dan anak) dan membuat grafik petumbuhan anak, pada pos posyandu lansia pun devisi kesehatan dan lingkungan hidup membantu petugas menyiapkan obat-obatan dan mendata lansia yang datang pada hari tersebut.

Selain pelayanan pemeriksaan bagi balita dan lansia, hari itu tepat dengan kunjungan dari puskesmas yang memberi pengarahan terhadap ibu-ibu balita dan ibu menyusui. Pengarahan yang diberikan antara lain menginfokan kepada warga bahwa terdapat poli jiwa di puskesmas yang langsung ditangani oleh dokter spesialis jiwa.

Poli jiwa ini melayani pada hari sabtu dan terbuka untuk seluruh warga yang merasa memiliki gangguan psikologis untuk konsultasi maupun mendapat penanganan. Selaintu petugas puskesmas juga melayani persalinan 24 jam. Dan dalam rangka program hidup bersih dan sehat petugas puskesmas memberikan penyuluhan bagi perokok di desa Cimpling. Dan untuk program tersebut devisi kesehatan dan lingkungan hidup diminta untuk membantu mendukung program hidup bersih dan sehat. (Afifah Miftahul Jannah Putri/KKN IAIN TA Siraman 1)

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Tuesday, May 14, 2024