Semen-Gandusari Pendataan Lansia laki-laki maupun perempuan di dusun Tegalrejo Semen-Gandusari. Pendataan tersebut di lakukan setiap hari dan satu harinya di target 5 rumah. Pendataan tersebut di lakukan oleh devisi kesehatan dan lingkungan hidup serta di bantu oleh semua anggota KKN posko 1 semen. Setelah data terkumpul, devisi kesehatan dan lingkungan hidup merekap semua data tersebut ke buku yang telah disediakan di posyandu. Pendataan Lansia di tujukan kepada warga sekitar yang belum mengikuti posyandu lansia setiap 1 bulan sekali, agar mengikuti podyandu lansia. Pendataan tersebut disetorkan ke ketua posyandu di Tegalrejo. Manfaat pendataan tersebut, agar warga Tegalrejo khususnya yang lansia bisa mengetahui kesehatan nya atau bisa mengetahui penyebab penyakit, bahkan cara mengatasi penyakit-penyakit nya, karena si posyandu tersebut di cek tekanan darah, gula darah, kolestrol, dll serta di kasih tau terkait dengan makanan beegizi.

posyandu lansia sangatlah bermanfaat bagi masyarakat dusun Tegalrejo, di dusun Tegalrejo tersebut udah banyak kegiatan nya, halpir semua kegiatan di sini aktif-aktif semua. Selaim di cek penyakitnya, masyarakat Tegalrejo khusunya lansia juga diadakan senam pagi setiap hari rabu, yang bertujuan membuat badan segar dan mengeluarkan keringat pagi, ada yang bilang keringat pagi itu baik bagi kesehatan dan matahari di pagi hari banyak mengandung vitamin nya. Meskipun di sin ada 2 pemeluk agama, yaitu islam dan hindu, akan tetapi warga masyarakat di sini sangatlah rukun dan gotong royong , tidak ada yang saling menjelekkan satu sama lain yang ada di sini malah saling menghargai.

Diatas adalah seman lansia yang di ikuti oleh khusu ibu-ibu lansia. Itu belum hadir semua, kalau hadir semua banyak pastinya. Lansia di sini sangat semangat melakukan senam, karena mereka tau kesehatan itu mahal harganya, uang bisa di cari, tapi kesehatan susah di cari, kadang kita yang muda udah berhati-hati aja masih bisa terserang penyakit apalagi yang lansia yang tubuhnya dan kekuatan nya sudah mulai menurun.

By : Devisi Komunikasi dan Publikasi Posko 1 Semen-Gandusari

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Tuesday, May 14, 2024