PAKISREJO, TANGGUNGGUNUNG – Mahasiswa KKN UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang bertempat di Desa Pakisrejo dari divisi sosial budaya dan keagamaan merancang program kerja perlombaan antar TPQ yang bertujuan untuk memeriahkan peringatan “Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW”. Terdapat tiga TPQ yang dijadikan sebagai sasaran perlombaan, yaitu TPQ Fathul Karim Tanggung Baran, TPQ PAUD Ceria Jatirejo, dan TPQ Al-Ikhlas Jatirejo.

Ada 2 jenis perlombaan yang diadakan, yaitu lomba indoor dan lomba outdoor. Lomba indoor meliputi lomba adzan, lomba cerdas cermat quran (CCQ), dan mewarnai kaligrafi. Sedangkan, lomba outdoor meliputi lomba memasukkan pena dalam botol, balap kelereng, balap karung, dan estafet balon. Tempat perlombaan indoor dan outdoor dipisah, karena jumlah peserta dari keseluruhan TPQ yang tidak sebanding dengan luasnya wilayah perlombaan. Lomba indoor bertempat di Musholla Baitul Makmur dan PAUD Ceria. Sedangkan, lomba outdoor bertempat di halaman PAUD Ceria.

Semua lomba diadakan secara serentak pada Minggu, 13 Februari 2023. Perlombaan indoor dimulai pukul 09.00 WIB dan perlombaan outdoor dimulai pukul 10.00 WIB. Meskipun perlombaan dimulai pada waktu yang tidak sama, tetapi akan ditutup diwaktu yang sama yakni pukul 13.30 WIB. Sebelum lomba berlangsung, telah diadakan acara khotmil quran di Musholla Baitul Makmur pukul 05.00 WIB yang melibatkan seluruh mahasiswa KKN Pakisrejo 1, Bapak Agus selaku takmir Musholla Baitul Makmur untuk menjadi imam tawashul, dan Bapak Hasim sebagai imam doa khataman quran.

Setelah acara selesai, semua bergotong royong membersihkan beberapa tempat yang digunakan untuk  perlombaan. Setelah semua selesai, seluruh mahasiswa KKN Pakisrejo 1 mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah berpartisipasi, khususnya keluarga Bapak Agus yang sudah menyediakan tempat, konsumsi, serta mengerahkan tenaga demi suksesnya acara. [KKN Pakisrejo 1/NV]

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Thursday, Apr 25, 2024