PICISAN, SENDANG – Pada Kamis,31 Januari 2023 hingga 9 Februari 2023, telah dilaksanakan program kerja Kuliah Kerja Nyata (KKN) dengan tema Belajar Kursus Les di Dusun Banjar, Kabupaten Tulungagung. Program ini diselenggarakan oleh Kelompok KKN Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang terdiri dari 8 mahasiswa dan diarahkan oleh Koordinator Divisi Pendidikan.

Acara ini dimulai pada pukul 13.00 WIB dengan kehadiran seluruh peserta program yang telah didiskusikan pada saat program kerja akan dilaksanakan.. Dalam acara tersebut, para peserta KKN membagikan informasi tentang pentingnya belajar kursus les bagi anak-anak dan remaja dalam meningkatkan prestasi akademik. Para peserta KKN juga mengajak masyarakat untuk aktif memperkenalkan program ini kepada tetangga, masjid, mushola dan keluarga mereka yang membutuhkan.

Kegiatan dilanjutkan dengan sesi pelatihan yang dipimpin dari Koordinator Divisi Pendidikan. Dalam persiapan ini, peserta KKN dan masyarakat setempat belajar mengenai strategi belajar yang efektif dan cara mengoptimalkan waktu belajar. Pelatihan ini juga membahas tentang metode pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa dan remaja.

Setelah selesai persiapan, para siswa dan siswi setempat diajak untuk belajar langsung dengan mengadakan beberapa sesi les di Mushola Asy-Syuhada. Sesi ini diikuti oleh siswa dan siswi yang membutuhkan bimbingan dan pembinaan dalam belajar. Selama sesi les privat, Dalam kegiatan tersebut kami menerima berbagai macam anak yang memiliki permasalahan mereka dalam menyelesaikan tugasnya.

Banyak anak yang memiliki pekerjaan rumah  dengan bobot soal yang terlalu tinggi dengan standart kelas yang mereka miliki. Buku yang dimiliki anak tersebut meliputi tugas semua mata pelajaran dengan tingkat kelas 1 hingga 6. Sehingga anak-anak disana yang masih kelas 1 hingga 3 memiliki kesulitan memahami apa yang ada pada teks di buku.

Dalam pembelajaran tersebut, kami mengakalinya dengan berusaha membantu anak-anak agar membiasakan melaksanakan kegiatan menulis mengenai apa yang disampaikan kami, terutama pada mata pelajaran matematika dan bahasa Inggris. Sebab, kebanyakan dari mereka berkata bahwa tidak mencatat materi yang ada pada buku dan hanya mengandalkan kamus yang mereka bawa.

para peserta KKN juga memberikan tips dan saran untuk meningkatkan kemampuan belajar dan membantu para siswa dan remaja mengatasi kesulitan belajar. Acara berakhir pada pukul 14.30 WIB, dengan penutupan yang diisi dan diiringi doa sesudah belajar. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat dan dapat membantu meningkatkan prestasi belajar siswa-siswi di lingkungan setempat.

Dalam berita acara ini, kami sebagai peserta KKN ingin menyampaikan terima kasih kepada Dosen Pembimbing Lapangan, Bapak Ali, serta kepada masyarakat Kelurahan Picisan, terutama Dusun Banjar yang telah berpartisipasi dalam kegiatan ini. Kami berharap program ini dapat terus dilaksanakan dan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat setempat. [Divisi Pendidikan KKN Picisan/FD]

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Monday, Apr 29, 2024