Salah satu tugas perguruan tinggi yakni memberikan manfaat terhadap masyarakat. Langkah yang dilakukan diantaranya dengan menerapkan Tri Dharma perguruan tinggi di bidang pengabdian masyarakat. Kulia Kerja Nyata (KKN) termasuk bagian dari pengabdian masyarakat yang dilakukan mahasiswa dengan pendampingan dosen. Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) IAIN Tulungagung sebagai penyelenggara KKN, akan menggelar empat kluster KKN pada tahun ini untuk gelombang pertama. Yakni KKN Multisekotral yang akan diselenggarakn di Kabupaten Blitar. KKN Nusantara di Daerah 3T digelar di Nusa Tenggara Timur. KKN Brantas Tuntas di kawasan perkotaan daerah aliran sungai Kabupaten Tulungagung. Serta, KKN Tangguh Bencana digelar di Kecamatan Besuki Kabupaten Tulungagung. Deskripsi KKN dan proses pendaftaran dan jadwal kegiatan masing-masing kegiatan bisa dilihat di bawah ini:

KKN NUSANTARA 3T

Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI melalui Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) akan mengadakan Kuliah Kerja Nyata Nusantara di Daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar). KKN ini menjadi bagian dari implementasi Perjanjian Kerja Bersama antara Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama dengan Direktorat Jenderal Pembangunan Daerah Tertinggal Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi tentang Kolaborasi Pengembangan Model Perguruan Tinggi Membangun Desa Melalui Program Pengabdian Masyarakat.

Mengacu surat Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia nomor B-3934/DJ.I/Dt.I.III/TL.03/11/2019 tanggal 11 November 2019, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) IAIN Tulungagung menyelenggarakan program kuliah kerja nyata (KKN) Nusantara di Daerah 3T. KKN Nusantara di Daerah 3T ini akan dilaksanakan pada 11 Januari s.d. 11 Februari 2020 di Provinsi Nusa Tenggara Timur. LP2M IAIN Tulungagung akan mengirimkan dua orang (Satu laki-laki dan satu perempuan) terpilih dengan syarat perekrutan sebagai berikut:

Syarat dan Ketentuan KKN Nusantara 3T

  1. Mahasiswa aktif IAIN Tulungagung semester V dengan IPK ≥ 3,25 dan lulus mata kuliah minimal 88 SKS (dibuktikan dengan transkrip nilai)
  2. Lancar membaca Al-Qur’an
  3. Memiliki prestasi akademik dan/atau non akademik (dibuktikan dengan sertifikat)
  4. Sehat jasmani (dibuktikan dengan surat keterangan sehat dari Puskesmas/Rumah Sakit Pemerintah)
  5. Mendapat persetujuan dari orang tua/wali (dibuktikan dengan surat pernyataan bermaterai)
  6. Memiliki komitmen kebangsaan dan kemampuan keislaman yang baik
  7. Belum/tidak berkeluarga
  8. Aktivis yang ditandai dengan sedang atau pernah menjadi pengurus organisasi kemahasiswaan baik intra maupun ekstra kampus (dibuktikan dengan SK pengurus atau kartu anggota)
  9. Diutamakan memiliki skil menulis (dibuktikan dengan menuliskan essai tentang ide dan gagasan yang bertemakan wawasan kebangsaan)

Berkas persyaratan KKN Nusantara 3T terdiri dari:

  • Formulir pendaftaran
  • Transkrip nilai
  • Sertifikat akademik dan/atau non akademik
  • Surat keterangan sehat dari Puskesmas/Rumah Sakit Pemerintah
  • Surat pernyataan persetujuan dari orang tua/wali
  • Fotokopi KTP
  • SK kepengurusan atau kartu anggota organisasi (intra/ekstra) kampus
  • Foto 4 x 6 begrond merah (1 lembar)
  • Tulisan berupa essai diketik di kertas ukuran A5 sepanjang 500 kata. Ukuran font 12 jenis font times news roman.
  • Berkas dimasukkan dalam map berwarna hijau dan diberi identitas.

Tahapan Kegiatan KKN Nusantara 3T

NO KEGIATAN WAKTU
1 Pendaftaran Peserta dan Pengumpulan berkas 10 – 12 Desember 2019
2 Seleksi Peserta 13 Desember 2019
3 Pengumuman Peserta Terpilih 15 Desember 2019
4 Pembekalan 3-10 Januari 2020
5 Pelaksanaan 11 Januari – 11 Pebruari 2020

Bagi mahasiswa yang memenuhi persyaratan tersebut, dapat melakukan pendaftaran sesuai dengan jadwal di atas dengan mengisi pada link sebagai berikut http://bit.ly/kkn-nonreg. Selanjutnya, membawa berkas persyaratan tersebut dalam map berwama hijau dikumpulkan di kantor LP2M. Mahasiswa yang dinyatakan lulus tidak perlu mengikuti KKN regular. Sedangkan, mahasiswa yang tidak lulus dipersilakan mendaftar KKN reguler/multisektoral. Demikian pengumuman ini dibuat, atas perhatiannya disampaikan terima kasih.

Fasilitas untuk Peserta

Mahasiswa akan mendapatkan tiket pesawat PP, biaya living kos, biaya angkutan darat. 

——————————————————————————————————————–

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Friday, May 17, 2024