KRAJAN, DEMUK – Pada hari Jumat, 3 Februari 2023 di dusun Krajan RT. 02 RW. 02 lingkungan jalan raya sekitar balai desa Demuk telah diselenggarakan kerja bakti dalam rangka bersih desa dusun Krajan yaitu membersihkan area jalan raya dari sampah plastik dan rumput liar di sekitar area tersebut, yang dilaksanakan oleh seluruh perangkat desa dan peserta KKN UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung.

Menurut Bapak Suroso selaku kepala RT mengungkapkan bahwa bersih desa bertujuan untuk mengungkapkan syukur kepada Tuhan atas hasil panen yang didapat. Selanjutnya, kerja bakti bersih desa bertujuan memohon perlindungan dari hal-hal negatif dalam kehidupan sehari-hari.

“Saya sangat mendukung dengan adanya program kerja bakti bersama dengan masyarakat di desa Demuk. Sehingga, menambah silaturahmi kepada masyakat juga,” ujar Dosen Pembimbing Lapangan KKN, Nuril Farida Maratus.

Kegiatan kerja bakti tersebut dimulai pukul 07.00 WIB. Kerja bakti dilaksanakan dengan mencabut rumput, membersihkan sampah plastik, memangkas rumput liar yang berada di sekitar jalan raya, dan menebang pohon yang sudah mati. Kegiatan ini bertujuan untuk menjaga agar lingkungan tetap bersih dan menjaga kelestarian lingkungan akan sumber daya alam yang ada. Semakin maju dan berkembangnya zaman akan mengikis budaya-budaya yang ada di desa, maka perlu adanya tindakan dan upaya untuk menjaga budaya-budaya tersebut, salah satunya gotong-royong. Dengan diadakannya kegiatan kerja bakti ini, diharapkan budaya gotong-royong yang ada di desa bisa terjaga kelestariannya. Karena, budaya gotong-royong memberikan dampak positif bagi masyarakat salah satunya kepedulian terhadap lingkungan sekitar. [Adila Mutia Saida dan M Faruq Naza/NE].

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Sunday, May 12, 2024