TUMPAKKEPUH, BAKUNG Mahasiswa KKN Multisektoral UIN SATU Desa Tumpakkepuh merealisasikan gerakan penanaman pohon. Ada banyak manfaat yang dapat diambil dari menanam pohon, selain untuk menjaga kelestarian udara, juga menjadi salah satu cara untuk menjaga ekosistem dan ketersediaan air. Dengan banyaknya pohon, maka akan mempermudah penyerapan air hujan ke dalam tanah. Oleh karena itu, ketersediaan air akan tetap terjaga dan lingkungan sekitar juga akan terpelihara dengan baik.

Kegiatan menanam pohon ini dilaksanakan pada hari Minggu, 12 Februari 2023 mulai pukul 08.00 sampai 11.00 WIB di daerah Krajan arah menuju Pantai Pangi. Kegiatan ini dilaksanakan secara bersamaan antara kelompok KKN Tumpakkepuh 1 dan KKN Tumpakkepuh 2. Kedua kelompok sepakat merencanakan kegiatan ini, karena di daerah Tumpakkepuh ketersediaan air masih menjadi salah satu permasalahan yang sering dikeluhkan.

Dengan adanya gerakan menanam pohon ini, para mahasiswa berharap pohon-pohon yang ditanam bisa tumbuh dengan subur dan mampu membantu menjaga ketersediaan air. Gerakan menanam pohon sebenarnya menjadi tugas utama yang diberikan kampus kepada mahasiswa yang sedang melakukan KKN. Harapan yang dibangun adalah agar mahasiswa turut berkontribusi dalam merawat dan melestarikan kesehatan alam sekitar.

Akhir-akhir ini, pemanasan global menjadi permasalahan serius yang sedang dicari jalan keluarnya. Sehingga dengan adanya gerakan ini, diharapkan mahasiswa akan turut berkontribusi dalam mengurangi pemanasan global yang semakin hari semakin meningkat. Jenis pohon yang ditanam merupakan jenis pohon penjaga air, seperti trembesi (Samanea Saman), beringin (Ficus Benjamina L), dan beberapa jenis pohon penjaga air lainnya.

Selain diikuti oleh peserta KKN Tumpakkepuh, kegiatan menanam ini juga diikuti oleh beberapa perwakilan karang taruna desa setempat. Mereka sangat antusias dan tertarik saat mendengar ajakan yang diajukan oleh perwakilan peserta KKN, karena kegiatan ini sangat bermanfaat bagi mereka sendiri kedepannya. Selain menambah keindahan saat di perjalanan menuju pantai Pangi, juga memperbaiki kelestarian alam tempat tinggal mereka.

Warga dan pemuda setempat berterima kasih dengan kegiatan menanam pohon tersebut, mereka berharap semoga tanaman ini bisa tumbuh dengan subur dan baik. Selain itu, mereka juga berharap semoga kegiatan yang telah digelar berbuah kebaikan untuk semua yang hadir. [KKN Tumpakkepuh 2/NF]

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Wednesday, May 15, 2024