Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah program pengabdian kepada masyarakat. Program ini merupakan bagian dari kurikulum wajib bagi mahasiswa. Ada beberapa jenis KKN yang berbeda berdasarkan tujuan, lokasi, dan jenis kegiatan yang dilakukan. Berikut adalah beberapa jenis KKN yang telah dialksanakan oleh LP2M UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung

Internasional

KKN (Kuliah Kerja Nyata) internasional di Thailand adalah program yang mengirim mahasiswa Indonesia untuk melakukan pengabdian masyarakat di Thailand. Program pengabdian masyarakat ini melibatkan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia untuk berpartisipasi dalam kegiatan pengembangan masyarakat di Thailand. Program ini bertujuan untuk memperluas wawasan global mahasiswa, meningkatkan kemampuan adaptasi budaya, serta mempererat hubungan bilateral antara Indonesia dan Thailand. Selama program, mahasiswa bekerja bersama komunitas lokal di Thailand dalam berbagai proyek, seperti pendidikan, kesehatan, dan pemberdayaan ekonomi. Kegiatan ini tidak hanya memperkaya pengalaman akademis dan sosial mahasiswa, tetapi juga memperkuat diplomasi antarnegara melalui kerjasama dan pertukaran budaya.

KKN Kolaborasi Nasional Moderasi Beragama

KKN Kolaborasi Nasional Moderasi Beragama yang diadakan oleh Kementerian Agama adalah program pengabdian masyarakat yang menggabungkan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi keagamaan Islam (PTKIN)untuk mempromosikan moderasi beragama di Indonesia. Program ini bertujuan untuk mengembangkan sikap toleransi, saling menghargai, dan kerukunan antar umat beragama melalui kegiatan bersama masyarakat. Mahasiswa yang terlibat bekerja sama dengan berbagai komunitas lokal untuk mengadakan dialog antaragama, pendidikan tentang moderasi beragama, serta kegiatan sosial yang memperkuat kohesi sosial dan persatuan di masyarakat. Program ini merupakan bagian dari upaya Kementerian Agama dalam mendukung visi Indonesia yang damai dan harmonis melalui pendidikan dan pengabdian masyarakat.

Pesemakmuran

KKN Persemakmuran Sunan Ampel adalah program pengabdian masyarakat kolaborasi antara PTKIN yang pernah menjadi sepersemakmuran UIN (dulu IAIN) Sunan Ampel Surabaya. Program ini mengintegrasikan mahasiswa dari berbagai fakultas untuk bekerja bersama masyarakat dalam mengembangkan potensi lokal dan meningkatkan kesejahteraan sosial. Mahasiswa yang terlibat dalam KKN Persemakmuran Sunan Ampel berfokus pada pemberdayaan ekonomi, pendidikan, dan kesehatan masyarakat melalui berbagai proyek kolaboratif. Tujuan utama program ini adalah untuk membangun kemandirian masyarakat dan memperkuat nilai-nilai kebersamaan serta solidaritas. Kegiatan ini juga merupakan bagian dari implementasi tri dharma perguruan tinggi, yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Kebangsaan

KKN Kebangsaan, atau Kuliah Kerja Nyata Kebangsaan, adalah program pengabdian masyarakat yang melibatkan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Program ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa kebangsaan, cinta tanah air, serta memperkuat nilai-nilai nasionalisme di kalangan mahasiswa. Selain itu, KKN Kebangsaan berfokus pada pembelajaran bersama masyarakat dan pemberdayaan masyarakat setempat. Dalam KKN Kebangsaan, mahasiswa ditempatkan di berbagai daerah, terutama di daerah-daerah yang memerlukan pengembangan dan pemberdayaan. Mereka bekerja bersama masyarakat untuk mengidentifikasi masalah, merancang solusi, dan melaksanakan program-program yang bermanfaat bagi masyarakat. Kegiatan ini merupakan implementasi dari tri dharma perguruan tinggi, yang meliputi pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. KKN Kebangsaan sering kali diadakan di daerah-daerah dengan karakteristik dan potensi tertentu. Misalnya, program KKN Kebangsaan 2024 diadakan di Provinsi Maluku, yang terkenal dengan kekayaan rempah-rempah dan keindahan alamnya. Program ini dibagi ke dalam beberapa wilayah, seperti Kota Maluku, Kabupaten Buru, dan Kabupaten Seram Bagian Barat, dengan tema “Memperkokoh Nilai-Nilai Kebangsaan dalam Mewujudkan Desa Mandiri di Daerah Kepulauan.” Tujuan utama KKN Kebangsaan adalah untuk membangun desa-desa mandiri, meningkatkan kualitas hidup masyarakat, dan mengembangkan potensi lokal. Mahasiswa yang terlibat dalam KKN Kebangsaan diharapkan dapat mengaplikasikan ilmu yang telah mereka pelajari di bangku kuliah, sekaligus memperkaya pengalaman dan pengetahuan mereka melalui interaksi langsung dengan masyarakat.

Komunitas

KKN komunitas merupakan salah satu jenis KKN yang menargetkan kepada para mahasiswa yang berkumpul dalam satu wadah organisasi tertentu. Sebagai kegiatan pembelajaran akan memberikan pengalaman langsung kepada mahasiswa untuk bersama-sama masyarakat desa tempat pelaksanaan KKN mengembangkan berbagai program pembangunan dan pemberdayaan desa.

Inklusi

KKN ini merupakan KKN yang dikhususkan untuk para peserta dengan halangan tertentu untuk tetap dapat melakukan kewajibannya sebagai mahasiswa dalam melakukan Tri Dharma perguruan tinggi.KKN Inklusi akan melibatkan para peserta KKN dengan live in di tempat domisili asalnya. Pilihan domisili asal ini bukan tanpa alasan, sebagaimana namanya adalah KKN Inklusi KKN ini mengharapkan kahadiran, keterlibatan para peserta KKN untuk ikut aktif dalam kegiatan masyarakat.

Revolusi Mental

KKN Revolusi Mental merupakan program pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa. Pada tahun 2019, KKN-RM difokuskan pada internalisasi tiga nilai utama revolusi mental: gotong royong, integritas, dan etos kerja. Selain itu, melalui KKN tematik ini, mahasiswa juga berperan untuk meningkatkan akses pelayanan publik yang lebih optimal dengan bersinergi bersama perangkat desa. Kegiatan KKN Tematik Revolusi Mental mampu mengembangkan civic engagement mahasiswa dan masyarakat, serta mengatasi kendala internal dan eksternal dalam pengembangan civic engagement. Ada sembilan PTKN yang ikut ambil bagian dalam program Ada sembilan PTKN yang ikut ambil bagian dalam program KKN Revolusi Mental ini, yaitu: UIN Raden Intan Lampung, UIN Mataram, IAIN Purwokerto, IAIN Tulungagung (Sekarang UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung), IAIN Samarinda, STAIN Sorong, Institut Agama Kristen Negeri Tarutung, Sekolah Tinggi Agama Kristen Protestan (STAKPN) Ambon dan Institut Hindu Dharma Negeri (IHDN) Denpasar.

Brantas Tuntas

Program KKN Brantas Tuntas merupakan kolaborasi antara Pemprov Jawa Timur dengan 16 PTN di Jawa Timur untuk menjaga ekosistem Sungai Brantas pada tahun 2019. Kegiatan ini bertujuan untuk menuntaskan permasalahan pencemaran lingkungan di Sungai Brantas, khususnya masalah pembuangan sampah popok bayi.

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Friday, Jul 19, 2024