JOMBOK – Masyarakat Jombok memiliki gairah besar pada penguatan di sektor pertanian. Hal ini didukung dengan banyaknya kelompok tani yang bergerak di daerah-daerah setempat. Selain itu, hadirnya radio Mitra Tani yang dipelopori oleh Bapak Slamet Riyadi turut membantu kemajuan dan kesejahteraan petani. Radio tersebut dikelola secara swadaya dengan tujuan sebagai sarana informasi dan edukasi masyarakat setempat, khususnya petani.

Menariknya, radio yang hanya memiliki studio kecil tersebut, pernah mendapat nobel dari KPI sebagai radio terbaik pada tahun 2018. Penghargaan Rakom (radio komunikasi) tersebut ditayangkan di RCTI. Penganugerahan radio berfrekuensi 107,7 MHZ itu bukanlah tanpa alasan. Beberapa hal terkait hak siar, kode etik hingga peran dan sumbangsihnya terhadap masyarakat sekitar, khususnya para petani menjadi bukti bahwa radio semacam ini layak dikembangkan.

Slamet Riyadi menuturkan bahwa dalam waktu dekat-dekat ini, pihaknya akan mengembangkan tanaman sirih wangi sebagai potensi lokal di daerah Jombok. Sebenarnya, sudah ada petani yang menekuni sirih wangi, namanya Sumarman. Budi dayanya cukup maju dan berkembang. Sayangnya, hal semacam ini belum tertular kepada masyarakat kalangan petani lainnya.

Pemberian Penghargaaan sebagai pemenang kategori RAKOM TERBAIK dari Komisi Penyiaran Indonesia kepada RADIO MITRA TANI FM di RCTI

Padahal, tanaman ini dinilai memiliki peluang besar untuk menambah pundi-pundi pendapatan masyarakat Desa Jombok. Dengan berafiliasi dengan dinas pertanian setempat dan berbagai instansi yang ada, Pak Slamet akan menyosialisasikan beberapa hal terkait tanaman sirih wangi. Untuk kawasan Jombok sendiri, setidaknya masih terdapat ribuan hektar lahan yang bisa ditanami.

Harapannya tak jauh beda dengan keberadaan Janggelan yakni dapat menjadi produk unggulan daerah Jombok. Selain itu tujuannya tak lain adalah pemanfaatan lahan dan penguatan ekonomi masyarakat. Maka dari itu, kegiatan semacam inilah yang harunya bisa dijiplak di daerah manapun.

Hemat kami, Jombok bisa dijadikan model untuk desa-desa atau wilayah di Nusantara. Kerjasama yang terjalin antara masyarakat dan dinas pertanian yang dimediasi oleh rakom Mitra Tani membuat program-program yang digalang untuk kesejahteraan masyarakat petani Desa Jombok bisa berjalan dengan baik.

Teriring doa, semoga pemerintah bersedia memberikan dukungan penuh terhadap usaha-usaha pemajuan yang dilakukan oleh masyarakat Jombok. Jaya selalu Radio Mitra Tani, radionya petani Jombok.

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Sunday, May 5, 2024