Gema Takbir Keliling di Desa Samar

Desa Samar – Pagerwojo (Sabtu, 10 Agustus 2019), Mahasiswa KKN IAIN Tulungagung ikut meramaikan hari raya Idul Adha bersama Masyarakat Desa Samar dengan adakan Takbir Keliling Desa.

Mahasiswa IAIN Tulungaung yang melaksanakan program pengabdian Kuliah Kerja Nyata di desa samar lebih memilih tidak pulang kerumah merayakan Idul Adha bersama keluarga. hal ini dikarenakan keinginan peserta KKN untuk totalitas dalam melaksanakan program KKN ini bersama masyarakat. menurut ketua posko KKN Desa Samar, “merayakan Idhul Adha bersama keluarga sudah sering kami lakukan setiap tahunnya, pada kesempatan ini kami diberi kesempatan oleh kampus dan masyarakat Desa Samar untuk mengabdikan diri di masyarakat, dan ini kesempatan yang jarang bagi mahasiswa”.

Takbir keliling merupakan tradisi masyrakat indonesia untuk menyambut hari besar Islam seperti idul Adha dan Idhul Fitri. Pada momentum besar ini mahasiswa KKN ikut melibatkan diri merayakan Idhul Adha dengan mengumandangkan takbir mengelilingi Desa Samar Kecamatan Pagerwojo.

Wiwik Agustina (Peserta KKN Desa Samar) memaparkan, “Kegiatan ini merupakan program kerja unggulan dari devisi keagamaan sosial dan budaya, karena program ini bersentuhan langsung dengan tradisi dan nilai keagamaan masyrakat Desa Samar yang dilakukan pada setiap tahunnya”.

Masyarakat Desa Samar sangat antusias mengikuti semaraknya takbir keliling ini, tidak hanya orang dewasa, anak-anak TPQ juga banyak terlibat meramaikan kegiatan ini.

“Kegiatan ini diikuti oleh adik-adik dari TPQ Al-Ikhlash yang berada di sekitar posko kami. Dalam kegiatan ini adik-adik yang mengikuti wajib membawa ‘’Oncor’’ atau ‘’Obor’’ serta mengumandangkan takbir selama dalam perjalanan. Acara ini sangat disambut antusias oleh warga sekitar posko kami,” jelas Wiwik.

Kegiatan berlangsung selama 2 jam, Gema Takbir keliling berhasil di gelar dengan sukses. Masyarakat Desa Samar tampak antusias dan Khidmat melaksanakannya sampai penghujung kegiatan.

Oleh : Wiwik Agustina (Peserta KKN Desa Samar Kecamatan Pagerwojo Peserta KKN Desa Samar Kecamatan Pagerwojo)

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Monday, Apr 29, 2024