21/2/2021– Kelompok KKN VDR 066 IAIN Tulungagung mengadakan kegiatan untuk anggota BUMDES Desa Bendilwungu Kecamatan Sumbergempol, Tulungagung. Tema yang diangkat dalam kegiatan ini yakni “Membangun Potensi Desa Berbasis Digital” kegiatan ini berupa pelatihan seputar marketplace yang bertujuan agar anggota BUMDES Desa Bendilwungu dapat menguasai ilmu-ilmu seputar marketplace dan produk dari BUMDES Desa Bendilwungu dapat bersaing dengan produk dari BUMDES lain dalam hal pemsaran di era digital seperti sekarang ini.

Kegiatan ini berlangsung dari pukul 08.30 sampai pukul 14.00, rankaian acaranya meliputi, pelatihan corel draw yang diisi oleh pemateri dari mahasiswa IAIN Tulungagung yakni dari jurusan Komunikasi Penyiaran Islam, Kemudian pelatihan pemasaran produk melalui platform belanja online yang tengah booming yakni Shopee yang diisi oleh pemateri dari luar yang ahli dalam bidangnya yakni Bapak Bambang Anto Ari Wibowo, dan rangkaian acara terakhir yakni pelatihan foto produk yang diisi oleh pemateri dari anggota kelompok KKN VDR 066 yakni Amelia Fadila Yunanto.

Acara berlangsung lancar dan juga dihadiri oleh perangkat desa setempat, dan tak lupa karena masih dalam suasana Covid-19 acara ini juga menetapkan protokol kesehatan, peserta diwajibkan memakai masker danj sebelum memasuki ruangan peserta juga diwajibkan mencuci tangan atau memakai hndsanitizier.

Pihak desa sangat mendukung kelompok KKN VDR 066 mengadakan pelatihan ini, dan dengan senang hati pihak desa memberikan tempat untuk berlangsungnya acara ini, karena pelatihan ini juga untuk anggota BUMDES dan warganya dan pihak desa berharap dengan adanya pelatihan tersebut dapat menambah pengetahuan para anggota BUMDES tentang ilmu seputar  marketplace dan dapat juga dijadikan batu loncatan agar BUMDES di Desa Bendilwungu bisa maju dan dapat bersaing dengan BUMDES lain dalam hal pemasaran produk BUMDES yang dikelola saat ini.

Dari data yang kelompok kami dapat BUMDES dari Desa Bendilwungu antara lain yakni : Simpan pinjam, Pertokan (alat-alat perkanan), perikanan sub. Gurami, perikanan sub. Guppy, dan perikanan sub. Koi. Harapan dari kelompok kami masing masing dari BUMDES yang tertulis dapat maju dan bersaing di era digital seperti sekarang ini berkat adanya pelatihan yang diadakan kelompok kami.

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Wednesday, May 15, 2024