NGERDANI – Dalam rangka melaksanakan program kerja devisi Kesehatan dan Lingkungan Hidup dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata Gelombang II IAIN Tulungagung di Desa Ngerdani Kecamatan Dongko Kabupaten Trenggalek, para mahasiswa melakukan kegiatan program pemantauan Garam Beriodium dan kegiatan posyanu di masyarakat Ngerdani.

Kegiatan ini dilaksanakan di rumah Ibu Yem. Ibu Yem merupakan seorang kader posyandu, rumahnya terletak di dekat SDN 3 Ngerdani. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari selasa tanggal 6 Agustus 2019.

Program kerja dalam lingkup Kesehatan dan Lingkungan Hidup para devisi Kesehatan melakukan melakukan kegiatan program pemantauan Garam Beriodium dan kegiatan posyanu di masyarakat Ngerdani yang dihadiri oleh ibu-ibu kader posyandu salah satunya adalah istri dari bapak lurah ngerdani dan teman- teman devisi kesehatan dan dibantu oleh beberapa devisi lainnya selain itu dalam kegiatan ini di hadiri oleh masyarakat RT 20 dalam melakukan kegiatan rutin posyandu. Dan acara berlangsung dari jam 08.00- 10.00 WIB.

Dalam acara pemantauan melakukan kegiatan program pemantauan Garam Beriodium masyarakat Ngerdani (sobo) yang mengikuti kegiatan posyandu di minta membawa garam untuk nantinnya kita tes dengan cairan dari PONKESDES dari pemantauan tersebut kita mendata nama balita, nama orang tua, alamat, bentuk garam, nama/ merk garam, tempat membeli garam, hasil uji dan tempat penyimpanan.

Dari data hasil pemantauan kita serahkan kepada pihak PONKESDES guna mengetahui seberapa paham masyarakat akan kadar garam beriodium yang baik. Dari hasil risert yang ada masyarakat ngerdani masih kurang tau cara menyimpan garam dengan benar sehingga kandungan iodium pada garam bisa berkurang atau hilang.

Dan dari kegiatan tersebut kami memberikan sosialisasi tentang penyimpanan garam dengan benar sehingga tidak mengurangi kadar iodium pada garam tersebut.

Kegiatan posyandu yang dilakukan di rumah salah satu rumah kader posyandu dari teman-teman membantu ibu-ibu kader dalam menjalankan tugasnya dari menimbang berat badan para balita, mengukur tinggi badan dari balita tersebut serta membantu dalam memberikan vitamin dari ibu-ibu kader posyandu. Selajutnya dari ibu kader yang salah satunnnya istri bapak kepalah desa memberikan pengarahan tentang hidup sehat yang harus diterapkan pada usia dini.

Dalam kegiatan ini dari devisi Kesehatan berbagi tugas dari tes pemantauan garam beriodium, kegiatan posyandu serta dokumentasi semua terlaksana dengan baik dan memuaskan. (Afiaa)

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Thursday, May 16, 2024