NGEPOH-TANGGUNGGUNUNG – Pada hari Kamis, 09 Februari 2023 divisi kesehatan dan lingkungan hidup menjalankan program posyandu di dusun Bolu, Desa Ngepoh Kecamatan Tanggunggunung. Kegiatan posyandu merupakan kegiatan rutin yang ada di desa Ngepoh, salah satu tempat yang dijadikan sebagai posko posyandu adalah posyandu 3 yang terletak di kediaman bapak kepala dusun Bolu.

Sebelum menjalankan program kerja posyandu ini, pihak divisi kesehatan dan lingkungan hidup tentunya telah melakukan komunikasi terlebih dahulu kepada pihak yang bersangkutan yaitu bapak dan ibu kepala dusun selaku pihak yang bertanggungjawab atas terlaksananya kegiatan posyandu. Selain diikuti oleh peserta KKN divisi kesehatan dan lingkungan hidup desa Ngepoh 2, juga diikuti oleh kader posyandu.

Kegiatan posyandu tersebut diawali dengan pendataan nama, pelaksanaan timbangan berat badan, pengukuran tinggi badan, pemberian vitamin, dan yang terakhir pemberian snack kepada peserta posyandu. Kegiatan posyandu di dusun Bolu sendiri merupakan acara rutin yang dilakukan setiap satu bulan sekali dan dilakukan di hari Kamis pada minggu pertama atau kedua.

Kegiatan posyandu kali ini dilakukan mulai pukul 08.30 hingga pukul 11.00 WIB. Menurut divisi kesehatan dan lingkungan hidup, program kerja posyandu ini dilakukan dengan harapan agar dapat memudahkan masyarakat memperoleh pelayanan kesehatan, baik bagi ibu maupun anak, serta dapat memantau bagaimana pertumbuhan dan perkembangan anak agar terhindar dari kekurangan gizi, tumbuh kembang, bahkan juga menghambat tingkat kecerdasan.

Tujuan umum posyandu yaitu agar dapat mencegah angka kematian bagi ibu dan bayi saat kehamilan maupun persalinan. Dalam kegiatan posyandu per tahun 2023 ini, tercatat terdapat balita laki-laki berjumlah 31 balita dan balita perempuan berjumlah 25 balita. Diharapkan dengan adanya program kerja ini akan terus menjadi agenda rutinan desa yang akan terus berjalan agar dapat menumbuhkan generasi yang kuat, karena masa balita adalah masa perkembangan yang cukup pesat dan tentunya akan sangat berpengaruh untuk perkembangan kedepannya. [KKN NGEPOH 2/NF]

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Friday, May 3, 2024