NGEPOH-TANGGUNGGUNUNG – Dalam KKN Multisektoral tahun 2023 ini, kelompok KKN Multisektoral Ngepoh 2 terdapat beberapa divisi demi terlaksananya beberapa program kerja. Terdapat lima divisi dengan beberapa program kerja, salah satunya yaitu divisi pendidikan dan teknologi yang memiliki program kerja berupa pelatihan komputer yaitu microsoft word.

Dalam rangka terlaksananya program kerja divisi pendidikan dan teknologi maka divisi tersebut mengadakan pelatihan singkat microsoft word yang diselenggarakan di MTs Darunajah. Pelatihan tersebut diikuti oleh siswa-siswi MTs Darunnajah mulai pukul 08.00 hingga pukul 10.00 dengan satu orang sebagai pelatih utama dan 6 orang lainnya sebagai pelatih pendamping. Dalam kegiatan tersebut, semua berjalan lancar dengan suasana yang tentunya kondusif dan juga terstruktur.

Peserta pelatihan microsoft word mengikuti pelatihan dengan serius, mereka tentunya mendengarkan dan memahami apa yang dijelaskan oleh pelatih yakni anggota divisi pendidikan dan teknologi KKN Ngepoh 2. Kemampuan mengoperasikan beragam teknologi dalam setiap lini kehidupan menjadi suatu hal yang wajib untuk digenggam setiap insan tak terkecuali untuk siswa-siswi sendiri.

Divisi Pendidikan dan Teknologi dari KKN UIN SATU Tulungagung mengajukan kepada salah satu lembaga pendidikan di desa Ngepoh yakni MTs Darunnajah untuk melaksanakan pelatihan singkat Microsoft Word pada hari Rabu, 8 Februari 2023. Pengajuan tersebut diterima dengan lapang dada sesuai kesepakatan waktu yang telah ditentukan. Keterbatasan sarana prasarana menjadikan program yang dihadiri oleh seluruh siswa MTs Darunnajah ini, memberikan dukungan penuh dari pihak sekolah serta antusiasme para siswa.

Materi dibahas secara ringkas dalam jangka waktu dua jam, setidaknya mampu memberikan pengalaman dasar bagi para siswa dalam pengoperasian microsoft word. Mulai dari pengenalan beberapa tab, ribbon, hingga beberapa shortcut yang sering dipergunakan untuk efisiensi pengetikan. Suasana yang cenderung santai pun mampu memberikan efektivitas dan rasa nyaman bagi para siswa dalam mempraktekkan microsoft.

Hingga tidak terasa dua jam berjalan begitu cepat dan sesuai dengan rencana awal. Melihat respon siswa-siswi setelah mendapatkan pelatihan singkat tersebut, para anggota Divisi Pendidikan dan Teknologi menaruh harapan agar ilmu dasar yang diberikan dapat dikembangkan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki dan bermanfaat bagi diri mereka maupun orang lain. Dengan adanya program ini, semoga mampu membuat pelajar MTs Darunnajah semakin pandai dalam mengoperasikan microsoft word. [KKN Ngepoh 2/NE]

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Friday, May 17, 2024