TUMPAKKEPUH, BAKUNG – Pantai Pangi merupakan sebuah pantai yang terletak di ujung barat Kabupaten Blitar. Tepatnya di Dusun Krajan, Desa Tumpakkepuh, sekitar 45 km dari Kota Blitar atau bisa ditempuh sekitar 90 menit perjalanan dengan kendaraan bermotor. Jika musim hujan kendaraan harus berhenti sebelum pantai dan kita harus berjalan kurang lebih 300 meter ke pantai dengan melewati sungai.

Pantai Pangi merupakan salah satu pantai yang digemari oleh para pemancing dan mereka yang suka berkemah. Sehingga setiap akhir pekan, pantai Pangi selalui dipenuhi dengan wisatawan yang bermalam dengan berkemah dan memancing. Di Pantai Pangi tersedia toilet umum, musholla (tempat sholat), warung makan, tempat untuk istirahat yang bisa digunakan untuk pengunjung melepas lelah setelah perjalanan panjang menuju ke sini.

Salah satu hal yang perlu di perhatikan dari tempat wisata yaitu kebersihan. Dari kegiatan yang telah dilaksanakan oleh Divisi Kesehatan dan Lingkungan Hidup, dapat disimpulkan bahwa kesadaran masyarakat baik pengunjung masih rendah terhadap kebersihan tempat wisata, maka dari itu kegiatan seperti bersih pantai ini perlu dilaksanakan untuk membuka mata para pengunjung dan para warga supaya paham akan pentingnya kebersihan.

Pertama kali datang ke Desa Tumpakkepuh, Divisi Kesehatan dan Lingkungan Hidup melakukan observasi ke beberapa tempat wisata salah satunya adalah Pantai Pangi yang ternyata sangat kotor  dan tidak ada petugas kebersihan yang secara rutin membersihkan area pantai. Dikesempatan itulah divisi kami menanyakan hal tersebut ke pokdarwis setempat, ”pantai sepi pengujung akibat dampak dari pandemi covid-19 yang mengakibatkan pantai kotor dan tidak terawat” kata mereka.

Kemudian dari hasil observasi tersebut, Divisi Kesehatan dan Lingkungan Hidup dengan menggandeng karang taruna Desa Tumpakkepuh mengadakan kegiatan bersih pantai, kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 28 Januari 2023 jam 08.00 dengan membawa alat-alat kebersihan, salah satunya trashbag atau kantong sampah guna mengumpulkan sampah yang sudah dipungut disepanjang lokasi pantai.

Kegiatan ini bertujuan untuk menyadarkan masyarakat dan pengunjung tentang pentingnya kebersihan di tempat wisata khususnya di Pantai Pangi yang menjadi ikon dari Desa Tumpakkepuh, harapan dari masyarakat dengan setelah adanya kegiatan bersih pantai adalah pantai menjadi ramai seperti dahulu karena kebersihan adalah faktor utama kenyamanan di suatu tempat wisata. [KKN TUMPAKKEPUH 1/WFF]

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Tuesday, Apr 16, 2024