PULE – Lima hari sudah kami mahasiswa IAIN Tulungagung melaksanakan salah satu tri darma perguruan tinggi. Yakni, pengabdian atau yang biasa disebut KKN (Kuliah Kerja Nyata). Lokasi yang menjadi tempat KKN salah satunya di Desa Kembangan Kecamatan Pule.

Pembukaan KKN di desa tersebut digelar di Kantor Kepala Desa Kembangan pada hari Selasa (23/07/2019) yang dihadiri oleh Kepala Desa Kembangan Sukimin beserta jajarannya, BPD, Karang Taruna, serta Tokoh Agama Desa. Dimulai dari pukul 10.00 WIB sampai pukul 11.30 WIB.

Acara ini dipandu Saudari Selvia Rukhi Erisa diawali menyanyikan lagu Indonesia Raya. Kemudian, pembacaan ayat suci Al-Qur’an.

Koordinator Desa Kembangan oleh Saudara Rizal Kurniawan mengatakan KKN ini merupakan salah satu mata kuliah wajib yang harus diikuti oleh seluruh mahasiswa sebagai realisasi dari Tridarma Perguruan tinggi yaitu pengabdian.

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Desa Kembangan Syamsul Umam menitipkan 28 mahasiswa untuk melaksanakan kuliah kerja nyata dan terjun langsung dalam masyarakat.

“Ini karena masyarakat adalah laboratorium sosial yang dinamis dan tepat untuk pembelajaran mahasiswa,” kata dia.

Kepala Desa Kembangan Bapak Sukimin mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya atas bantuan yang akan diberikan oleh para mahasiswa.

“Kami bersama masyarakat membuka tangan selebar-lebarnya dan siap ikut serta dalam kegiatan yang akan ditawarkan oleh mahasiswa,” ujarnya.

Akhir dalam prosesi acara ini adalah penyematan topi kepada mahasiswa IAIN Tulungagung oleh Kepala Desa Kembangan Sukimin sebagai bentuk simbolis serta di akhiri dengan foto bersama. (*)

Penulis: Novy A. Chusna

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Sunday, May 5, 2024