KEMBANGAN – Pelayanan publik atau pelayanan umum itu semua penyediaan barang atau jasa publik yang diselenggarakan oleh swasta, seperti misalnya rumah sakit swasta, perguruan tinggi swasta, dan perusahaan pengangkutan milik swasta.

Pada dasarnya pelayanan publik di desa kembangan, kecamatan pule bisa di bilang sudah baik dan pelayanan nya juga ramah. Akan tetapi pelayanan publik di sini masih bersifat f2f ( face to face ).

Bentuk pelayanan berbentuk seperti itu adalah pelayanan yang mengharuskan setiap konsumen untuk datang ke kantor yang di sediakan untuk mengurus hal yang di inginkan. Oleh karena itu, mahasiswa dari KKN di Desa Kembangan berinisiatif untuk melakukan sosialiasi pentingnya teknologi dan informasi serta pelatihan untuk mempermudah pelayanan publik masyarakat desa kembangan dengan berbasis IT.

Jadi pada dasarnya jika masyarakat mau mengurus surat seperti halnya surat tidak mampu, surat kematian dll, cukup di lakukan di rumah saja. Tinggal membuka gadget, isi form, surat jadi.

Dan inilah yang menjadikan motivasi kami, serta tujuan kami dalam melakukan proker kami, demi terwujudnya desa kembangan yang lebih modern serta pelayanan publik yang lebih mudah, cepat, tepat, tanpa terlambat.

Tema kegiatan ini “pemanfaatan teknologi informasi guna mempermudah pelayanan publik” . acara ini di pimpin Pak Annas Ribab Sibilana. Konsep acara di sini berupa sosialiasi dan pelatihan untuk melakukan pelayanan publik lewat IT secara langsung dan juga tentang pentingnya IT.

Sedangkan acara disini bersifat forum, yang mana ketika seorang pemateri sudah selesai untuk melakukan materi yang di sampaikan, para tamu undangan di persilahkan untuk bertanya dan berdiskusi bersama – sama. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman para audien tentang materi yang telah di sampaikan. Acara ini di pandu oleh seorang moderator dari mahasiswa KKN itu sendiri. Acara ini di hadiri oleh ketua RT, RW, Tokoh masyarakat, Perangkat Desa.

Pada dasarnya kami dari mahasiswa KKN desa kembangan sudah mempunyai web sendiri dengan tujuan konten konten yang nantinya kita buat menumbuhkan rasa penasaran tentang desa kembangan ini. dan nantinya para pembaca bisa berkunjung ke desa kembangan kecamatan pule ini. alamat web kami ialah https://www.pesonakembangan.com/ .

Kami berharap dengan adanya acara yang telah kami buat pada tanggal itu bisa sangat berguna bagi masyarakat desa kembangan khususnya dalam hal pelayanan publik. Tujuan utama yang melopori kami ialah “memangkas panjang menjadi ringkas” . cukup mengurus surat di rumah, besok di ambil sudah jadi. Semoga ini bisa mengugah semangat untuk menyadari pentingnya IT dalam kehidupan modern saat ini. (*)

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Sunday, May 5, 2024