Tulungagung, 27 Juni 2024 – Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung menggelar acara penting dalam seri Coaching Riset dan Publikasi dengan tema “Strategi Publikasi di Jurnal Terindeks Scopus”. Acara ini menghadirkan Prof. Dr. Mukhammad Zamzami, Lc, M.Fil.I sebagai narasumber utama, yang memberikan pemaparan mendalam mengenai strategi yang efektif untuk mempublikasikan karya ilmiah di jurnal internasional bereputasi.

Dalam sesi yang berlangsung, Prof. Zamzami menekankan beberapa poin penting yang harus diperhatikan oleh para peneliti agar karya mereka dapat diterima di jurnal terindeks Scopus. Pertama, beliau menegaskan bahwa konten penelitian harus sesuai dengan ruang lingkup dan tujuan jurnal yang dituju. Relevansi konten dengan bidang jurnal akan meningkatkan peluang artikel untuk diterima dan dipublikasikan.

Kedua, abstrak artikel harus memenuhi persyaratan bahasa Inggris yang ditetapkan oleh Scopus. Abstrak yang baik harus jelas, ringkas, dan mampu menjelaskan inti dari penelitian dengan bahasa yang mudah dipahami oleh pembaca internasional. Abstrak yang memenuhi standar ini akan memudahkan editor dan reviewer dalam memahami kontribusi penelitian.

Selain itu, Prof. Zamzami juga menekankan pentingnya memahami kebijakan jurnal yang dituju. Setiap jurnal memiliki pedoman dan kebijakan yang berbeda, sehingga peneliti perlu menyesuaikan manuskrip mereka sesuai dengan ketentuan yang ada. Memahami kebijakan ini akan membantu peneliti menghindari penolakan artikel karena alasan administratif atau teknis.

Terakhir, beliau menggarisbawahi pentingnya berkolaborasi dengan penulis internasional. Kolaborasi ini tidak hanya dapat meningkatkan kualitas penelitian tetapi juga memperluas jaringan akademik peneliti. Kerja sama dengan penulis dari berbagai negara dapat memberikan perspektif baru dan meningkatkan kredibilitas artikel di mata reviewer.

Acara ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan LP2M untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas publikasi ilmiah di UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Dengan adanya coaching ini, diharapkan para dosen dan peneliti dapat mengimplementasikan strategi yang telah dipelajari dan berhasil mempublikasikan penelitian mereka di jurnal internasional terkemuka. Ini tidak hanya akan meningkatkan reputasi individu peneliti tetapi juga mengharumkan nama universitas di kancah akademik global.

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Friday, Jul 19, 2024