GUNUNG GEDE, WONOTIRTO – Selain air, lampu juga menjadi salah satu kebutuhan pokok yang tidak dapat dikesampingkan. Di Desa Gunung Gede, Wonotirto, Blitar ini masih minim adanya penerangan terutama lampu jalan. Sehingga di sepanjang jalan, pengendara lebih banyak mengandalkan lampu dari kendaraan saja. Kurangnya penerangan jalan pada saat malam hari menjadi salah satu problem karena banyak masyarakat biasanya masih ada yang beraktivitas ditambah akses jalan yang menanjak naik turun serta berlubang dan rusak parah.

Karena latar belakang tersebut, mahasiswa KKN UIN Sayyid Ali Rahmatullah khususnya dari tim divisi ekonomi kelompok kami tergerak untuk membuat program kerja pemasangan lampu jalan. Pemasangan lampu dimulai pada pukul 09.00 WIB dan dipasang di sepanjang jalan RT 04 RW 02 mulai dari depan Masjid Al- Waqfu Nurul Iman sampai dengan perbatasan Dusun Kalikenongo. Kegiatan ini dibantu oleh Bapak Wandi selaku ketua RT setempat dan petugas PLN serta warga sekitar.

Mahasiswa KKN ikut berkontribusi secara langsung dalam pelaksanaan pemasangan lampu jalan seperti menyiapkan peralatan atau perlengkapan untuk pemasangan lampu jalan tersebut. Dilanjutkan dengan pemetaan untuk menentukan titik-titik yang akan dipasangi lampu serta pemeriksaan lampu- lampu apakah masih menyala (layak pakai) atau tidak. Tak lupa kami menyiapkan juga konsumsi untuk masyarakat yang ikut berpartisipasi dalam pemasangan lampu.

Adapun partisipan dari sebagian ibu-ibu sekitar yang membuatkan minum untuk masyarakat dan teman-teman KKN yang ikut berpartisipasi dalam pemasangan lampu. Kegiatan pemasangan lampu jalan ini disambut sangat antusias dan mendapat apreasiasi yang baik dari perangkat desa dan warga Desa Gunung Gede khususnya Dusun Kalikenongo. Hal ini ditunjukkan dengan semangat para warga saat mengikuti kegiatan gotong royong.

Meskipun terkendala hujan dan medan yang dilewati cukup sulit tidak menghalangi semangat warga untuk tetap ikut andil dalam pemasangan lampu. Setelah kegiatan pemasangan lampu, masyarakat dan teman-teman KKN beristirahat di poskamling dekat pertigaan. Kami dan masyarakat yang ikut berpartisipasi menikmati hidangan yang telah disediakan oleh teman-teman. Kami berharap dengan adanya pemasangan lampu tersebut dapat memudahkan masyarakat dalam beraktivitas pada malam hari dan mengurangi angka kecelakaan yang disebabkan oleh kurangnya penerangan jalan. [KKN Gunung Gede/WFF]

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Thursday, May 2, 2024