Resapombo, Doko– Minggu, 12 Januari 2020, posko 2 Resapombo melaksanakan kegiatan kerja bakti bersama masyarakat Dusun Wonorejo. Kerja bakti tersebut bertempat di RT. 01 RW. 01 Dusun Wonorejo, Desa Resapombo, Kecamatan Doko, Kabupaten Blitar.

Kerja bakti ini dilaksanakan pada pukul 07.00 sampai dengan pukul 10.00 WIB. Kerja bakti ini dilaksanakan dengan tujuan untuk membersihkan rumput yang sudah tebal disekitar jalan raya maupun parit – parit. Hal tersebut dilakukan untuk memudahkan proses pengaspalan jalan yang dilakukan oleh pemerintah Desa Resapombo, Kecamatan Doko, Kabupaten Blitar.  

Kegiatan kerja bakti seperti ini dilaksanakan secara rutin oleh masyarakat Dusun Wonorejo ketika rumput sudah tebal atau ketika menyambut hari-hari besar, seperti Hari raya Islam dan hari raya natal. Kerja bakti sudah seakan akan mengakar pada kehidupan masyarakat Desa khususnya Dusun Wonorejo, Desa Resapombo, Kecamatan Doko, Kabupaten Blitar.

Selain sebagai kegiatan membersihkan lingkungan, kegiatan ini juga dimanfaatkan sebagai ajang silaturahmi antar masyarakat dan mahasiwa kuliah kerja nyata yang bertugas di Dusun Wonorejo.

Kegiatan Seperti ini diikuti oleh seluruh masyarakat baik tua maupun muda laki –laki maupun perempuan mereka bergotong royong ikut andil dalam kegiatan kerja bakti tersebut. Selain dari masyarakat, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata juga turut serta dalam kegiatan kerja bakti tersebut.

Khususnya mahasiswa Kuliah Kerja Nyata dari  posko dua yang bertempat di RT 02 RW 02, mereka tergerak untuk ikut serta dalam kegiatan kerja bakti yang diwakili oleh enam orang laki-laki dan dibantu juga oleh Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata dari posko satu dengan mengirimkan perwakilan sebanyak enam orang laki-laki.

Selain kaum laki-laki yang menyumbangkan tenaga, dalam kegiatan tersebut kaum perempuan pun tidak mau kalah, mereka turut  andil dengan menyiapkan makanan ringan seperti gorengan, buah-buah, dan lain- lain, serta minuman, seperti kopi, dan teh.

Hal tersebut dilakukan mahasiswa sebagai salah satu wujud bakti sosial mahasiswa kepada masyarakat. Menurut keterangan salah seorang masyarakat Dusun Wonorejo, pengaspalan jalan yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Resapombo tersebut seharusnya dilaksanakan di RT 02 RW 02. Namun, pengaspalan jalan justru dilakukan di RT 01 RW 02 bahkan di daerah sebelum masuk Dusun Wonorejo. Hal tersebut dikarenakan masyarakat lebih memilih mendahulukan jalan yang kondisinya rusak berat supaya tidak membahayakan keselamatan pengguna jalan.

Dari masyarakat Dusun Wonorejo kita dapat melihat solidaritas yang masih sangat terjaga di saat masyarakat kota cenderung bersikap dan berperilaku individualis kedepannya diharapkan kegiatan seperti ini harus dilestarikan dan bisa menjadi contoh bagi desa-desa yang lain. (Divisi Komunikasi dan Publikasi – Posko 2 Resapombo)

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Wednesday, May 15, 2024