Senin,  13 Januari 2020.

SUMBERDADI, BAKUNG – KKN menjadi bagian dari kegiatan wajib kampus untuk mengabdi kepada masyarakat sebagai wujud pengamalan Tri Darma  Perguruan Tinggi yaittu pendidikan, penelitian, dan pengabdian. Setelah terselenggaranya pembukaan KKN se-Kecamatan di Bakung pada Jum’at lalu,pembukaan KKN Reguler Multisektoral di desa Sumberdadi resmi di buka pada tanggal 13 Januari 2020 di balai desa Sumberdadi. Kegiatan ini dihadiri oleh beberapa pihak diantaranya bu  DPL Posko 1 dan 2, kepala desa, perangkat serta ibu-ibu PKK.

Persiapan pembukaan dilaksanakan 2 hari sebelum hari H. Posko 1 dan 2 bekerja sama untuk mempersiapkan acara agar berjalan dengan lancar  mulai dari mengurus persuratan, konsumsi, dekorasi dan dokumentasi hingga acara berlangsung. Kegiatan ini dihadiri oleh kepala desa Suryanto, Dosen Pembimbing Lapangan bapak Naibin, M.Ag, Dosen Pembimbing Lapangan Posko 2 ibu Tutik Sri Wahyuni, M.Pd, perangkat desa, ibu-ibu PKK, dan seluruh mahasiswa KKN ikut hadir. Mahasiswa yang mengikuti kegiatan Kuliah Kerja Nyata di Desa Wonocoyo berjumlah 41 orang.

Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) tahun 2020 ini mengangkat tema “Resiliensi Sosial untuk Indonesia Maju”. Dimana dalam tema ini mengandung konsep daya tahan sosial untuk menyelesaikan persoalan yang ada di tengah masyarakat. Empat daya tahan yang menjadi fokus Kuliah Kerja Nyata (KKN) kali ini yaitu daya tahan sosial pangan, kebudayaan dan agama, sosial masyarakat ekonomi, serta daya tahan sosial dalam bidang kebencanaan.

Kegiatan ini dimulai dari pukul 2 sampai pukul 4. Sambutan dari Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) diwakili oleh ibu Tutik Sri Wahyuni, M.Pd. Dalam sambutannya beliau menyatakan bahwa “Mahasiswa KKN disini harus banyak belajar dari lingkungan dan kondisi, harus saling bekerja sama dan tidak boleh saling menggurui”. Selain itu ibu Tutik juga meminta kepala desa untuk senantiasa membimbing Mahasiswa KKN agar senantiasa menjaga tata krama dan perilakunya.

Acara ditutup dengan do’a dan dilanjutkan dengan foto bersama. Setelah selesainya kegiatan pembukaan di balai desa, DPL posko 1 dan 2 berkumpul di posko 1 untuk menyampaikan informasi kaitannya dengan kegiatan KKN satu bulan ke depan. Pak Naibin, selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) posko 1 menyampaikan beberapa hal diantaranya tentang cara bersosialisasi dengan masyarakat, menyusun proker,  mengetahui permasalahan yang ada di desa, serta saling menjaga kekompakan dan kerjasama antaraposko 1 dan 2.

(Luluk Agustin, Posko 1 desa Sumberdadi)

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Thursday, Apr 25, 2024