Kedungsoko, Tulungagung – Pemerintah Provinsi Jawa Timur bersama 16 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Se Jawa Timur menyelenggarakan KKN Brantas Tuntas. Sesuai dengan namanya KKN Brantas tuntas memiliki keinginan untuk bisa melihat, mengklasifikasi dan mengeduksi masyarakat sekitar bantaran sungai atas permasalahan yang ada. IAIN Tulungagung sendiri pada KKN gelombang 1 tahun 2020 memberangkatkan 30 orang mahasiswa terbagi menjadi 2 tim untuk bisa terjun, mengabdi, dan berkontrusi kepada masyarakat dibantaran sungai. Selama kurang lebih 35 hari terhitung sejak 10 januari hingga 15 Februari 2020, mahasiswa berada diwilayah bantaran kali salah satunya di Desa Kedungsoko, Kecamatan Tulungagung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.

Setelah dilakukan pelepasan secara resmi oleh Rektor IAIN Tulungagung yang diwakilan oleh wakil rektor satu beberapa waktu yang lalu, selasa 14 Januari 2020 KKN Brantas Tuntas Kolaborasi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Se Jawa Timur IAIN Tulungagung posko Kedungsoko secara resmi dibuka. Acara yang diselenggarakan di balai Kelurahan Kedungsoko Tulungagung ini dihadiri oleh Sekertaris Dinas PKPSDA Tulungagung Lilis W, BKTM Polres Tulungagung Iptu HM. Suhar, perwakilan BBWS Brantas Kediri Purwo Cahya, perwakilan camat Tulungagung Pundjung Karsanio, Lurah Kedungsoko Agung Sutrimo, Kepala Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat LP2M IAIN Tulungagung Muhammad Mutahibun Nafis, Dosen Pendamping Lapangan Posko Kedungsoko Zaini Fasya, Tokoh Masyarakat Kedungsoko, RW di kelurahan kedungsko serta kelompok masyarakat kelurahan Kedungsoko.

Dalam kesempatan ini perwakilan kecamatan Tulungagung, Pundjung Karsanio membacakan pidoto camat. Dimana camat Tulungagung menerima dengan terbuka mahasiswa KKN di wilayah Tulungagung khususnya di Kelurahan Kedungsoko, beliau memberikan keluasan untuk mahasiswa dapat berkunjung ke kantor kecamatan jika perlu menggali informasi lebih lanjut. “Kami sangat terbuka kepada mahasiswa yang membutuhkan informasi, kalian dapat datang langsung ke kantor kelurahan jika membutuhkan lebih banyak data dapat langsung datang ke kantor kecamatan.” Ujarnya.

Pembukaan Simbolis KKN Brantas Tuntas posko Kedungsoko

Selain itu besar harapan pihak kecamatan Tulungagung agar mahasiswa dapat membagi dan menerapkan ilmu yang telah diperoleh selama di bangku perkuliahan untuk diterapkan dan dibagikan selama melakukan kegiatan pengabdian masyarakat di wilayah Kedungsoko Tulungagung.

Acara ini kemudian dilanjutkan dengan pemberian secara simbolis bibit pohon untuk penghijuan Kali Ngrowo dari Mahasiswa KKN Brantas Tuntas Kolaborasi PTN Se Jawa Timur IAIN Tulungagung posko Kedungsoko kepada Perwakilan Camat Tulungagung dan Lurah Kedungsoko Tulungagung. (Fais & Nila_Posko Kedungsoko)

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Monday, Apr 29, 2024