Pungkalan, Wonotirto— Pada hari Rabu, tanggal 15 Januari 2020, devisi kesehatan dan lingkungan hidup menjalankan salah satu program kerjanya, yakni kegiatan posyandu. Acara ini digelar di rumah Bapak Imam selaku kepala Desa wonotirto yang kebetulan juga menjadi tempat KKN posko wonotirto 1. Kegiatan posyandu ini diikuti oleh ibu beserta anak-anak dan balita yang berada di lingkungan Dusun Pungkalan Desa Wonotirto. Perlu diketahui jika devisi kesehatan dan lingkungan hidup terdiri dari Rika, Bahrul, dan Beni.

Namun, mereka tidak hanya sendiri, melainkan juga berkolaborasi dengan divisi kesehatan dan lingkungan hidup dari posko Wonotirto 2. Posko 2 terdiri dari Ma’ul, Ilma dan Zulfa.

Namun, meskipun sudah terdiri dari banyak anggota yang terlibat dalam kegiatan posyandu, peran bidan beserta ibu-ibu PKK juga amat penting dalam berlangsungnya proses kegiatan ini. Di sini divisi kesehatan dan lingkungan hidup berperan membantu kegiatan posyandu seperti mencatat berat badan balita, menimbang berat badan, memberikan obat untuk anak yang sedang sakit, menyuntik, dan masih banyak lagi.

Ada banyak macam ekspresi yang di keluarkan oleh anak-anak dan balita. Ada yang senang karena ditimbang, ada yang menangis karena disuntik, ada yang tertawa karena diberi snack dan lain-lain. Meskipun begitu, anak-anak tetap harus mendapatkan pelayanan posyandu untuk kesehatan jangka panjang mereka. Kegiatan posyandu ini diadakan satu bulan sekali di Dusun Pungkalan. Tempat berlangsungnya kegiatan ini tetsp di rumah Pak Lurah Wonotirto, yakni Pak Imam.

Selain itu dalam menjalankan program kerja, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) posko wonotorto 1 khususnya devisi pendidikan dan teknologi melakukan kegiatan dengan memberi bimbingan belajar kepada anak-anak di sekitar Dusun Pungkalan. Selain itu, devisi Pendidikan dan Teknologi juga mendatangi beberapa sekolah diantaranya SD Negeri 1 Wonotirto, SD Negeri 3 Wonotirto dan SD Negeri 5 Wonotirto guna menyampaikan maksud ingin menjadikannya tempat mengajar selama KKN.

Salah satu tujuan dilakukan kegiatan tersebut adalah mensosialisasikan serta memperkenalkan bahwa mahasiswa IAIN Tulungagung sedang melaksanakan KKN dan juga mempererat tali silaturahmi dengan warga desa Wonotirto 1. Adapun kegiatan mengajar di sekolahan posko Wonotirto 1 dimulai pada hari Senin, tanggal 20 Januari 2020. Sebab, di minggu pertama ini mahasiswa KKN Wonotirto 1 disibukkan dengan kegiatan sowan atau perkenalan terhadap masyarakat setempat.

Selain itu, devisi pendidikan dan teknologi juga mengadakan kegiatan bimbingan belajar di posko wonotirto 1 yang dilakukan setiap hari pada jam 18:30 hingga 19.30. Namun, devisi pendidikan tidak melakukannya sendiri, melainkan juga dibantu oleh semua teman-teman dari posko Wonotirto 1. Kegiatan ini diikuti oleh anak-anak yang berada di lingkungan setempat. Rentang kelas anak –anak tersebut antara TK sampai Kelas 1 SMP. Semua anak yang mengikuti kegiatan tersebut sangat antusias belajar dengan mahasiswa KKN karena hal tersebut merupakan angin segar bagi mereka dalam melakukan kegiatan belajar mengajar.

Winna Widiana dan Dilla Hardina

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Sunday, May 12, 2024