Bumirejo – Memasuki musim penghujan seperti ini banyak sekali tempat-tempat yang tak terawat yang bisa menimbulkan penyakit dan juga sebagai tempat berkembang biaknya jentik-jetik nyamuk. Untuk mengatasi adanya penyebaran penyakit pada musim penghujan ini maka pemerintah perlu melakukan penyuluhan atau sosialisasi cara hidup bersih dan sehat.

Penyuluhan ini dilakukan pada hari Selasa, 21 Januari 2020 tepat di balai dusun bangunrejo desa Bumirejo.  Peyuluhan ini termasuk kedalam program kerja kecamatan, yang mana termasuk kedalam program jambanisasi yang diselipi dengan penyuluhan tentang bagaimana hidup bersih dan sehat kepada masyarakat. Penyuluhan ini disampaikan oleh Ibu Eka dan Ibu Miftah dari puskesmas Kesamben.

Penyuruhan Hidup Bersih dan Sehat Di Desa Bumirejo.
Penyuluhan ini dilakukan pada hari Selasa, 21 Januari 2020 tepat di balai dusun bangunrejo desa Bumirejo. 

Penyuluhan ini dilakukan oleh para petugas puskesmas, selain untuk sosialisasi tentang hidup bersih dan sehat acara ini juga disertai dengan pemeriksaan posyandu balita. Kegiata ini bertujuan untuk mawas diri tentang kebersihan disekitar rumah seperti tempat berkembang biaknya nyamuk, tempat pembuangan tinja atau jambanisasi, dan juga megetahui seberaapa banyak populasi keluarga yang termasuk kedalam perokok aktif.

Penyuluhan ini diikuti kurang lebh 30 ibu-ibu dan beberapa mahasiswa yang sedang melakukan KKN di desa Bumirejo. Peyuluhan ini bertujuan untuk menyadarkan masyarakat supaya lebih menjaga kebersihan lingkungan dirumahnya apalagi dimusim penghujan seperti sekarang.

“Menjaga kebersihan rumah itu penting, lebih baik mencegah dari pada mengobati.” Ujar Bu Miftah salah satu petugas puskesmas Kesamben yang mengisi penyuluhan. (Devisi Publikasi Posko 1 Bumirejo)

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Saturday, May 4, 2024