Besole, Besuki – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) IAIN Tulungagung turut serta dalam acara penerimaan bantuan alat produksi oleh Dinas Sosial kepada kelompok industri rumahan, 21 Januari 2020. Bertempat di balai pertemuan Sidem, acara ini dihadiri oleh pihak Dinas Sosial, Kelompok Industri Rumahan Sidem, perangkat desa, beserta masyarakat sekitar.

Serangkaian acara berupa pembukaan, sambutan-sambutan, penyerahan alat industri secara simbolis, penandatanganan serah terima, penutupan, kemudian dilanjutkan dengan ramah tamah. Adapun alat produksi yang diberikan berupa kompor gas, oven, freezer, dan peralatan dapur lainnya senilai Rp 46 juta.

Bantuan alat produksi ini didapatkan setelah pengajuan proposal oleh kelompok industri. Alat produksi ini nantinya akan digunakan masyarakat untuk mengembangkan kegiatan produksi, utamanya pengolahan hasil laut. Kelompok industri ini merupakan program kerja dari kelompok kegiatan (poktan) Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS).

Desa Besole merupakan desa binaan yang dijadikan sebagai kampung Keluarga Berencana (KB). Kampung KB merupakan salah program pemerintah di bawah naungan lembaga Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional, yang bertujuan meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung.

Kampung KB sendiri bagi menjadi 5 poktan, yakni Bina Keluarga Lansia, Bina Keluarga Remaja, Bina Keluarga Balita, Pusat Informasi dan Konseling Remaja, serta UPPKS.

“Kampung KB per kecamatan ada. Kampung KB orientasinya daerah pinggiran, yang SDM-nya rendah. Kampung KB ini merupakan program pemerintah pusat untuk menyejahterakan masyarakat,” ujar Abdul Munib, Ketua UPT Kampung KB.

Penerimaan alat produksi nantinya, akan dimanfaatkan sebagai program kerja dari Divisi Ekonomi yang akan mengembangkan kegiatan produksi masyarakat Besole dalam bidang pemasaran abon ikan. (Fahmi)

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Sunday, May 12, 2024