SOSO, GANDUSARI – Rabu, 22 Januari 2020. KKN IAIN TULUNGAGUNG dari Devisi Ekonomi melakukan kunjungan ke tempat produksi Rengginang Ibu Supini yang bertempat di desa Soso, Gandusari. Renginang ibu Supini ini merupakan salah satu produk unggulan dari UMKM di desa Soso, dan menjadi salah satu makanan khas yang ada di desa Soso. Tempat produksi Rengginang Bu Supini ada di depan kantor desa Soso. Pada saat kami berkunjung ke tempat produksi Rengginang Bu Supini, bertepatan dengan proses pembuatan rengginang tersebut, dari mulai pengukusan beras ketan sampai proses penjemuran.

Singkat cerita dari Bu Supini tempat produksi renginang ini berdiri sejak 15 tahun yang lalu. Produksi renginang milik ibu Supini merupakan produksi keluarga yang beliau dirikan dengan mendiang suaminya. Dulu tempat produksi ini masih sangat kecil dan masih belum dikenal semua orang. Dengan berjalannya waktu renginan bu Supini ini mulai dikenal oleh masyarakat sekitar, bahkan kini sudah dikenal di beberapa daerah.

Pada proses pembuatan renginan bu Supini, tahap pertama yaitu beras ketan di rendam dengan air dan di beri pewarna merah muda. Pewarnaan ini berfungsi untuk renginan biar cepat kering, karena panas matahari akan lebih mudah menyerap renginan yang berwarna dari pada hanya berwarna putih. Proses selanjutnya, setelah perendaman beras ketan, beras ketan tersebut kukus sampai matang. Dalam proses pengkukusan tersebut juga di berikan bumbu-bumbu yaitu bawang putih, dan juga garam. Dan terkadang renginan tersebut diberi rasa terasi jika ada pesanan. Setelah proses ini, selanjutnya yaitu proses pencetakan renginan menggunakan centong. Dan tahap terakhir dijemur selama 2 hari.

 Untuk pemasaran produksi rengginang milik Ibu Supini awal mulanya hanya dipasarkan melalui mulut ke mulut saja. Oleh karena itu rengginan  ibu Supini ini masih belum banyak yang tau pada saat itu. Meskipun rengginang Ibu Supini pemasarannya hanya melalui mulut ke mulut saja, namun pada saat ini sudah banyak masyarakat yang mengenal rengginang Bu Supini. Itu semua karena Rengginang Bu Supini selalu menjaga kualitas dari produknya. Untuk menjaga agar bisnis tetap berjalan Bu Supini membagikan sebuah tips yaitu “Kalau kita ingin berbisnis satu yang harus kita jaga yaitu ketelatenan, ketekunan, dan kesabaran. Meskipun tidak ada pesanan kita harus tetap melakukan produksi, kita jangan mudah bosan dengan bisnis yang kita jalani, karena untuk menjadi sukses pastilah akan melewati sebuah proses.” Begitulah kata Ibu Supini. Oleh karena itu,  saat ini rengginan dari Desa Soso ini sudah terkenal di beberapa daerah bahkan Bu Supini sering kali mendapat pesanan dari luar pulau seperti Kalimantan. Dan sekarang menjadi salah satu produk unggulan UMKM di Desa Soso.

( Dari Devisi Ekonomi SOSO 1 )

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Sunday, Apr 28, 2024