SIDOMULYO, BAKUNG – Tim Divisi Pendidikan melaksanakan penataan ulang perpustakaan sekolah SDN 3 Sidomulyo selama tiga hari, terhitung mulai hari jum’at, tanggal 24 Januari 2020 hingga hari minggu, tanggal 26 Januari 2020. Hal ini menilik pada keadaan dan kondisi perpustakaan sekolah yang memprihatinkan, dikarenakan tidak pernah dipakai dan dimanfaatkan sebagaimana mestinya. Inilah yang mendasari tim Divisi Pendidikan untuk melaksanakan bersih-bersih perpustakaan sekolah.

Sebenarnya, perpustakaan sekolah ini memiliki buku yang bisa kita bilang banyak, namun sebagian besar dari buku tersebut masih terbungkus kardus dan belum distempel oleh pihak sekolah. Dalam penataan buku pun masih belum rapi dan sesuai dengan katalog. Divisi Pendidikan berinisiatif untuk menata ulang kembali buku tersebut agar bisa dimanfaatkan lebih baik lagi oleh murid-murid. Kepala sekolah pun telah menyetujui gagasan dari Divisi Pendidikan untuk menata ulang perpustakaan sekolah SDN 3 Sidomulyo ini. Seperti yang kita tahu, tempat nyaman dan bersih akan membuat seseorang menjadi lebih bersemangat dan betah untuk tinggal disana. Maka dari itu, perpustakaan yang bersih akan membuat murid-murid bersemangat untuk mengunjungi perpustakaan untuk membaca buku.

“Ini merupakan gagasan yang bagus, dengan perpustakaan yang bersih akan membuat murid-murid bersemangat untuk kesini (perpustakaan). Kalau sudah semangat kan jadi senang mereka membaca buku, dan ilmu yang mereka dapat juga bertambah” ujar Pak Sukaedi, selaku kepala sekolah SDN 3 Sidomulyo.

Tim Divisi Pendidikan menata ulang buku di perpustakaan sekolah SDN 3 Sidomulyo.

Perombakan perpustakaan ini dimulai dengan menata ulang rak buku untuk ditata lebih rapi lagi, dikarenakan sebelumnya rak buku tersebut masih belum tertata dengan baik. Setelah itu, semua buku diturunkan kemudian dikelompokkan menurut mata pelajaran buku tersebut. Seperti penggambaran sebelumnya, bahwa perpustakaan lama tidak dipakai, sehingga banyak debu yang terdapat pada rak buku tersebut. Kemudian, kami membersihkan rak buku tersebut dengan peralatan kebersihan, sehingga rak buku tampak bersih dan layak dipakai untuk murid-murid. Tidak lupa kami juga memberikan katalog pada setiap rak buku untuk memudahkan murid-murid dalam mencari buku yang ingin mereka baca. Kami mengelompokkan buku tersebut berdasarkan mata pelajaran, seperti: matematika, IPA, IPS, agama, olahraga, dll.

Setelah selesai kami membersihkan perpustakaan sekolah, kami berencana untuk melakukan pembukaan perpustakaan SDN 3 Sidomulyo bersama dengan Kepala Sekolah berserta guru dan staf sekolah. Dalam tahap ini sudah tim konsultasikan bersama Kepala Sekolah, yang akan dilaksanakan pada hari senin, tanggal 3 Februari 2020 mendatang.

(Atalariq Rachman Ardiansyah)

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Wednesday, May 15, 2024