Kedungsoko, Tulungagung – Memasuki musim penghujan bukan hanya ancaman banjir yang akan dihadapi oleh masyarakat namun juga ancaman dari pohon tumbang akibat angin kencang. Untuk itulah minggu (26/01/2020) mahasiswa KKN Brantas Tuntas posko kedungsoko bersama warga masyarakat RT.02 RW.03 melakukan pembersihan dan pemotongan atas dahan-dahan pohon yang berada di Bantaran Kali Ngrowo Tulungagung.  Pembersihan dan pemotongan dahan di bantaran kali ini merupakan inisiatif  masyarakat sekitar melihat bahaya yang akan terjadi jika tidak dilakukan pembersihan.

Ketua RT.02 RW. 03 Bapak Sidik menyampaikan, penting bagi kita semua untuk peduli akan lingkungan sekitar  terutama masuk pada musim penghujan dimana pohon – pohon yang rindang ini berbahaya bagi pengguna jalan.  Untuk itu dilakukan pembersihan atau pemangkasan pohon – pohon besar di bantaran kali ngrowo.

“Pemotongan dahan – dahan pohon ini merupakan inisiatif yang dilakukan masyarakat, mereka takut nanti dahan – dahan ini akan tumbang saat hujan datang dan berbahahya bagi masyarakat.” Ujarnya.

Untuk itu mahasiswa KKN Brantas Tuntas posko kedungsoko ikut berpartisi secara langsung dengan masyarakat untuk ikut dan berbaur bersama. Koordinator kelurahan’ khabib mengatakan bahwa penting bagi mahasiswa untuk ikut bersama warga menjaga kebersihan. “hal ini (pembersihan) sesuai dengan fokus mahasiswa KKN Brantas tuntas untuk membersihan bantaran kali ngrowo, kami ingin bantaran kali ini dapat menjadi icon dari kelurahan kedungsoko.

Dalam kegaitan ini juga dilakukan pemindahan cangkruk warga untuk bisa digunakan sebagai media tempat berkumpul warga masyarakat kedungsoko. (Nila & Fais_Kedungsoko)

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Tuesday, May 14, 2024