Plumbangan (Minggu, 2 Februari 2020) – Divisi ekonomi dari KKN Kelompok II IAIN Tulungagung Desa Plumbangan telah melaksanakan program kerja unggulan pada Minggu (2/2) di PAUD Teratai 01 Plumbangan. Program unggulan dari divisi ekonomi berupa “Workshop Pembuatan Sirup Markisa” khas Barek yang dipandu oleh saudara Diky Ahmad Widianto.

Workshop ini bertema ‘Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Dusun Barek melalui Pelatihan Pembuatan Sirup Markisa’. Tempat pelaksaan workshop berada di PAUD Teratai 01 Plumbangan dengan alasan bahwa setiap minggu pertama, ibu-ibu PKK rutin melaksanakan kumpulan di tempat tersebut.

Workshop pembuatan sirup markisa dihadiri oleh Ibu Kades, Ibu Kamituwo, dan anggota PKK Dusun Barek lainnya. Dalam acara tersebut teman-teman KKN memberikan wawasan tentang pentingnya SDM terhadap kemajuan perekonomian Dusun Barek.

Dengan melihat banyaknya masyarakat Dusun Barek yang memiliki tanaman markisa di setiap rumah. Menjadikan Alasan bagi kami memberikan inovasi berupa sirup yang diberi label SEMAR, yakni akronim dari “Sirup enak markisa segar”, Terang Mahasiswa KKN.

Pemberian label diharapkan menjadikan sirup markisa memiliki nilai jual yang tinggi. Dalam workshop, teman-teman KKN memberikan contoh cara membuat sirup markisa kepada ibu-ibu PKK dan dilanjutkan pembuatan minuman dengan sirup untuk mengenalkan rasa sirup kepada ibu-ibu PKK Dusun Barek, Tambahnya.

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Thursday, May 2, 2024