SUMBERDADA, PUCANGLABAN –Pada Sabtu, 28 Januari 2023, Divisi Kesehatan dan Lingkungan Hidup melaksanakan salah satu program kerja. Yaitu senam dan sosialisasi lingkungan hidup yang ditujukan kepada siswa SDN Sumberdadap 1 dan 3. Kelompok 1 Sumberdadap memilih siswa SDN 1 dan 3 Sumberdadap sebagai sasarannya.

Senam dan sosialisasi lingkungan hidup tersebut dilaksanakan di lapangan utama SDN 1 dan 3 Sumberdadap. Agenda tersebut dilaksanakan pukul 07.30 WIB Sebenarnya, kegiatan tersebut direncanakan dimulai pukul 7 pagi. Namun, pada hari tersebut terdapat sedikit kendala, yaitu terdapat beberapa guru yang datang sedikit terlambat. Alhasil, kegiatan tersebut terpaksa dilaksanakan pukul 07.30 WIB.

 Kegiatan tersebut diawali dengan pemanasan yang dipimpin oleh Mas Rahmat Dian. Pemanasan tersebut berguna untuk mengurangi risiko cedera pada saat senam. Setelah selesai melakukan pemanasan, dilanjutkan dengan senam. Senam yang pertama adalah senam penguin, senam yang cukup disukai oleh kalangan siswa SDN Sumberdadap 1 dan 3.

Pada kegiatan tersebut dilaksanakan 2 senam. Selain senam penguin, ada senam pramuka jilid 1. Setelah senam, dilanjutkan dengan sosialisasi menjaga lingkungan hidup. Siswa SDN Sumberdadap 1 dan 3 diajak untuk menjaga lingkungan dan diberi pemahaman tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.

Materi sosialisasi tersebut adalah Mbak Arny. Untuk menarik perhatian siswa SDN Sumberdadap 1 dan 3, divisi kesehatan dan lingkungan hidup kelompok 1 Sumberdadap menyiapkan beberapa doorprize. Sesuai dugaan, banyak siswa SDN Sumberdadap 1 dan 3 yang antusias dan tertarik dengan sosialisasi tersebut.

Dari beberapa rangkaian kegiatan tersebut, siswa SDN 1 dan 3 Sumberdadap dapat memahami pentingnya menjaga kesehatan dan lingkungan hidup serta dapat melestarikan lingkungan. Meskipun banyak murid yang agak susah untuk diatur dalam kegiatan senam ini, tapi kami tetap mengajak kembali dan memberikan semangat dalam setiap murid yang kurang semangat.

Disisi lain banyak juga murid aktif dalam mengajak temannya bermain maupun senam, sehingga kami merasa senang sekali bahwa mereka itu bisa menikmati masa kecilnya. Kebahagian mereka juga menentukan apa yang telah mereka lewati selama bersekolah di SDN Sumberdadap 1 dan 3.  Dari kegiatan ini kami menyadari sebagai seorang pengajar harus pintar mencairkan suasana supaya murid tidak merasa tertekan dan informasi yang disampaikan dapat dipahami oleh para murid. [ Divisi Kesehatan dan Lingkungan Hidup/FD]

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Wednesday, May 8, 2024