Tulungagung, Kamis 4 Juli 2024 – KKN Reguler gelombang ke 2 UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung akan segera dilaksanakan di pertengahan Juli 2024.  Beberapa agenda untuk mendukung suksesi jalannya KKN dilaksanakan dan diagendakan oleh Tim Crew LP2M, salah satunya pembekalan kepada Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). Pembekalan DPL dilaksanakan secara offline. Materi pembekalan disampaikan oleh Ketua LP2M Prof. Dr. Ngainun Naim, M.H.I. pada Kamis, 04 Juli 2024. Bertempat di Gedung Rektorat Lantai 3 acara ini dihadiri oleh 100 peserta terdiri dari calon DPL dan Pejabat di lingkungan LP2M UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. 

Pada acara ini beberapa pesan yang substansial disampaikan oleh Prof. Naim. Guru Besar dalam bidang ilmu Metodologi Studi Islam ini menyampaikan pesan kepada para DPL. Pertama, DPL diwajibkan memberikan edukasi dan pengenalan etika dalam menggunakan media sosial. Mahasiswa harus dibekali wawasan dan pengetahuan seputar akhlak bersosialisasi di tempat KKN, begitu pula cara arif dan bijak dalam mengoperasikan media sosial menjadi urgenisitas yang harus diberikan DPL kepada mahasiswa. Jangan sampai peserta KKN yang seharusnya berkewajiban menyampaikan pengetahuan dan perkembangan seputar media sosial kepada masyarakat, justru sebaliknya melakukan tindakan ataupun mengoperasikan media sosial yang dapat mengakibatkan kegaduhan. Kedua, Pria yang akrab dipanggil Prof. Na’ ini mengingatkan bahwa tugas dan fungsi DPL dalam agenda ini adalah sebagai fasilitator bukan instruktur. Maka dengan peran itu DPL wajib mendampingi, mengarahkan, dan mendidik mahasiswa dengan berbagai cara baik online maupun offline. 

Ketiga, DPL dalam konteks komunikasi kepada mahasiswa yang dibimbingnya harus dilakukan secara intens dan masif. DPL harus menjadi pembimbing yang setiap saatfi ayyi waqtin–berkewajiban membantu dan memantau perkembangan program yang dilakukan mahasiswanya. Tidak lupa juga disampaikan terkait tugas administrasi supaya diselesaikan secara akademis yang terstruktur dan terukur.

Terakhir beliau menyampaikan, sebagaimana yang disampaikan sebelumnya oleh Rektor UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung Prof. Dr. Abd. Aziz, M. Pd.I. pada saat pelepasan peserta KKN Non Reguler bahwa mahasiswa dan civitas akademika merupakan representasi yang membawa wajah instansi. Oleh karenanya, beban dan tanggung jawab besar yang diemban oleh setiap individu di lingkungan kampus, baik mahasiswa maupun dosen berkewajiban mengepakkan sayap akademis dan khazanah keilmuan di masyarakat yang lebih luas demi kemajuan lembaga, yaitu UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung.

Kontributor: Ahmad Misbakhul Amin
Editor: Fahru

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Friday, Jul 19, 2024