Bondowoso, 8 Juli 2024 – UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung turut berpartisipasi dalam acara Pelepasan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Persemakmuran Sunan Ampel 2024 yang diselenggarakan oleh Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember di Kabupaten Bondowoso. KKN Persemakmuran ini dipusatkan di beberapa desa di Bondowoso dan diikuti oleh sekitar 96 mahasiswa dari sembilan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN).

Perguruan tinggi yang terlibat dalam KKN ini antara lain UIN Sunan Ampel Surabaya, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, IAIN Ponorogo, IAIN Kediri, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, IAIN Madura, UIN Mataram, dan UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda.

UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung mengirimkan lima mahasiswa untuk berkontribusi dalam program KKN tersebut. Lima mahasiswa tersebut adalah Camelia Marlita F., Shabrina Aden, Lutfi Shoinin Najah, Rofi Suliyana, dan Arlisa Thufailah Zuhro.

Acara pelepasan KKN Persemakmuran dilakukan di Pendopo Bupati Bondowoso pada Selasa, 9 Juli 2024, oleh Penjabat Sekretaris Daerah (Pj Sekda) Haeriah Yuliati. Dalam sambutannya, Haeriah meminta agar seluruh peserta KKN dapat memberikan kontribusi nyata kepada Pemerintah Kabupaten Bondowoso dengan mensosialisasikan tiga poin penting, yaitu stunting, kemiskinan ekstrem, dan pernikahan dini. Hal ini disampaikan mengingat angka ketiga masalah tersebut masih cukup tinggi di Bondowoso.

“Dengan KKN ini diharapkan dapat membantu mengatasi permasalahan yang ada di masyarakat, di antaranya kemiskinan, stunting, dan pernikahan dini,” ujar Haeriah Yuliati.

Haeriah juga menekankan bahwa KKN harus mampu memberikan kontribusi pemikiran bagi suksesnya pelaksanaan pembangunan, khususnya di Kabupaten Bondowoso. Selain itu, melalui KKN ini, seluruh mahasiswa dan mahasiswi diharapkan dapat berbaur dengan masyarakat, sehingga tujuan yang diharapkan oleh universitas dapat tercapai secara maksimal.

“Mahasiswa harus memperkaya diri dengan berbagai pengetahuan dan meningkatkan kualitas sehingga dapat memberikan kontribusi pemikiran bagi suksesnya pembangunan,” pungkasnya.

Dengan partisipasi aktif dalam KKN ini, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung menunjukkan komitmen mereka dalam pengabdian kepada masyarakat serta dalam menjawab tantangan sosial yang ada di Bondowoso.

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Friday, Jul 19, 2024