Pagerwojo Kesamben – KKN Multisektoral IAIN Tulungagung dilaksanakan pada tahun 2020, dengan mengusung tema “ Resiliensi Sosial Untuk Indonesia Maju”, devisi kesehatan dari posko 1 Desa Pagerwojo, melakukan kegiatan yang guna membantu menyukseskan Posyandu Lansia dan Posyandu Balita yang dilaksanakan di Balai desa Pagerwojo pada pukul 08.00-11.00.

Dengan tujuan untuk untuk membantu kinerja pemerintah desa Pagerwojo dalam melaksanakan posyandu lansia dan posyandu balita.

“Kegiatan posyandu lansia ini dilakukan untuk meningkatkan kesehatan serta menjalin kerukukunan para lansia di desa Pagaerwojo”, Terang petugas Posyandu yang mengikuti kegiatan tersebut.

Tambahnya, “Sedangkan kegiatan posyandu balita ini bertujuan untuk memberdaya dan memberikan kemudahan kepada masyarakat guna memperoleh oleh layanan kesehatan bagi ibu, bayi dan anak balita”.  

Adapun hal yang dilakukan oleh devisi kesehatan dari posko 1 Pagerwojo yakni membantu menyiapkan peralatan yang dibutuhkan serta membantu memberikan konsumsi berupa puding dan jamu sinom yang dibuat bersama oleh anggota posko 1 desa Pagerwojo.

“Alasan mengapa devisi kesehehatan membuat puding dan jamu sinom karena dalam pembuatannya sangat mudah dan tidak membutuhkan biaya yang banyak selain itu manfaat dari jamu sinom sendiri sangat baik untuk para lansia”, Terang Mahasiswa KKN

Acara tersebut  berjalan dengan lancar adapun rangkaian acara dalam kegiatan tersebut yakni dilakukan dalam waktu bersamaan antara posyandu lansia dan posyandu balita. Di Posyandu lansia dibantu oleh 5 anak dan posyandu balita dibantu 3 anak yang melakukan tugasnya masing-masing.

Dalam acara posyandu lansia ini adapun rangkaian acaranya yakni senam lansia, bincang-bincang santai dan melakukan cek kesehatan. 

Mahasiswa KKN dari devisi kesehatan meyampaikan, “adapun dalam rangkaian acara bincang-bincang santai ini dari devisi kesehatan juga memberikan sedikit informasi mengenai manfaat dari jamu sinom serta cara membuat jamu sinom.

“Tentang kesehatan, hal ini di respon sangat baik oleh para lansia dan dalam cek kesehtan teman-teman disini membantu untuk mencatat data para lansia”, Terangnya.

Tambahnya, “Sedangkan pada kegiatan posyandu balita teman –teman membantu menimbang berat badan balita, membagikan makanan, serta membantu mengisi materi pada anak-anak Paud PKK Pagerwojo yang juga melakukan posyandu dan juga membantu proses imunisasi”.

Acara ini berjalan dengan sangat lancar dan dari devisi kesehatan membantu sampai acara ini selesai. Dan sebelum devisi kesehatan ini membantu acara tersebut h-1 acara ini dari devisi kesehatan telah melakukan observasi yang dilaksanakan pada dusun Tegalrejo.

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Saturday, May 4, 2024