Jember, 8 Juli 2024 – Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung telah menandatangani Memorandum of Understanding (MOU) dengan berbagai Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) se-persemakmuran (Ex Sunan Ampel). Langkah ini diambil untuk memperkuat kolaborasi di bidang penelitian dan pengabdian internasional.

Selain penandatanganan MOU, acara ini juga diisi dengan sesi berbagi model Kuliah Kerja Nyata (KKN) internasional yang melibatkan masing-masing satuan kerja. Dr. Muhammad Muntahibun Nafis, M.Ag., Kepala Pusat Pengabdian LP2M UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, menyampaikan berbagai jenis KKN yang telah dilaksanakan. Jenis-jenis KKN tersebut meliputi Komunitas, Membangun Desa Berkelanjutan, Revolusi Mental, Inklusi, dan lain sebagainya. Inisiatif ini bertujuan untuk memperluas wawasan dan meningkatkan kualitas KKN, sehingga mampu memberikan kontribusi yang lebih signifikan bagi masyarakat.

Sebagai tindak lanjut dari pertemuan yang telah diadakan sebelumnya di Malang, para peserta bersepakat untuk mengembangkan skema bersama dalam pengabdian internasional. Skema ini diharapkan dapat mempererat hubungan dan kerjasama antar universitas di tingkat internasional.

Lebih lanjut, sebagai bagian dari tindak lanjut ini, direncanakan akan diadakan sebuah konferensi di Jember pada bulan November mendatang. Konferensi ini akan menjadi ajang untuk mempresentasikan hasil-hasil kolaborasi dan merumuskan langkah-langkah strategis ke depan.

Dalam upaya mewujudkan pengabdian internasional yang terstruktur, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang ditunjuk sebagai panglima yang akan mengawal petunjuk teknis pengabdian internasional bersama. Sementara itu, UIN Sunan Ampel Surabaya akan bertindak sebagai panglima dalam pembuatan petunjuk teknis skema publikasi internasional bersama.

Dengan adanya kerjasama ini, diharapkan dapat tercipta sinergi yang lebih kuat antar LP2M se-persemakmuran dalam menjalankan program-program pengabdian dan penelitian yang berkualitas dan berdampak luas.

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Friday, Jul 19, 2024