NGLEBO – Keberadaan Desa Nglebo ini cukup unik dengan sejuta teka-teki yang penuh misteri. Mulai dari tradisi, masyarakat, adat istiadat bahkan sampai pada kepercayaan yang dianut. Desa ini terletak atas bukit yang di kelilingi beberapa pegunungan di sekitarnya. Tepatnya di Kecamatan Suruh Kabupaten Trenggalek Jawa Timur.

Awalnya, setahun yang lalu ketika IAIN Tulungagung menjalin kerja sama dengan pemerintahan Kecamatan Suruh untuk mengadakan Kulah Kerja Nyata (KKN) di Desa tersebut. Ini menjadi awal mula kebangkitan Nglebo dari desa yang dianggap rendah dengan citra buruk akhirnya menjadi desa yang menarik.

Langkah ini dilakukan oleh para remaja desa hingga menjadi desa yang sedikit demi sedikit memunculkan eksistensinya sebagai salah satu desa andalan di Kabupaten Trenggalek.

Terbukti dengan kerja keras serta gotong royong dari para warga yang sangat loyal dan kompak dalam membangun desa. Diimbangi dengan Mahasiswa IAIN Tulungagung yang menggandeng Karang Taruna Desa Nglebo berhasil memunculkan satu icon wisata yang terletak di lereng bukit tebing lingga.

Dengan munculnya rintisan wisata tersebut membuat warga Desa Nglebo sangat antusias dan lebih giat lagi dalam membangun desa agar  dapat lebih dikenal sebagai desaa yang penuh inovasi dan memudarkan citra desa yang  buruk.

Tahun ini, IAIN Tulungagung melepaskan kurang lebih 1500 Mahasiswa yang menyebar di seluruh wilayah Tulungagung dan Trenggalek untuk melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dengan tema “tematik pemberdayaan masyarakat multisektoral berbasis potensi local” salah satu desa tujuannya adalah Desa Nglebo.

Terdapat sejumlah 21 mahasiswa yang bertempat di desa nglebo tepatnya di Dusun Tawang Rt 007/002 di rumah Bapak Suwarto. Berinspirasi dari potensi yang ada di desa tersebut, mahasiwa KKN IAIN Tulungagung memiliki inovasi untuk  mengembangkan wisata yang sudah dirintis dengan tetap mempertahankan kearifan lokal yang ada agar dapat menjadi ciri khas dari ndesa tersebut. (*)

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Saturday, May 4, 2024