TALANG, SENDANG – Pencatatan administrasi mempunyai peran cukup penting dalam suatu usaha, karena berhubungan dengan kondisi keuangan usaha yang dimiliki. Desa Talang mempunyai banyak UMKM yang berkembang, akan tetapi hampir seluruh UMKM di Desa Talang belum menerapkan pembukuan administrasi dengan baik dan benar. Banyak dari pelaku UMKM yang tidak memisahkan antara uang keperluan untuk kegiatan usaha dengan uang untuk memenuhi kebutuhan pribadi, sehingga pelaku UMKM sering kali mengalami kerugian.

“Di Talang banyak UMKM dan berpotensi terus berkembang, produk unggulannya itu tusuk sate dan keset, tetapi UMKM yang mengalami kerugian usaha itu juga banyak soalnya administrasi pencatatan masih kurang optimal,” kata Bapak Asmungi selaku Kepala Desa Talang.

Menindaklanjuti hal tersebut, mahasiswa KKN Talang 1 melakukan penelusuran dan survey kebeberapa UMKM di Desa Talang. Memang mayoritas UMKM lokal cenderung tidak menerapkan pembukuan administrasi, jika ada yang menerapkan masih sangat sederhana. Padahal, juga ditemukan UMKM yang berpotensi menjanjikan yaitu ternak ayam, meubel, pembuatan ikan asap, dan pabrik tahu.

“Kalau saya pribadi tidak menerapkan pembukuan, karena uang modal usaha dan untuk keperluan rumah itu jadi satu dan saya kira-kira sendiri,” ujar Bapak Narto pemilik UMKM furniture kayu di Dusun Tenggong.

Pada Sabtu, 4 Februari 2023 mahasiswa KKN Talang 1 mengadakan seminar dengan tema “Pengoptimalan Administrasi UMKM” yang bertempat di balai Desa Talang dengan tujuan untuk membantu memberikan informasi kepada masyarakat mengenai pembukuan atau pencatatan administrasi dengan baik dan benar. Seminar ini diisi oleh Dr. Deny Yudiantoro, SAP., S.Pd., M.M., selaku dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dengan judul materi “Pentingnya Pencatatan Keuangan Usaha Mikro” yang dihadiri oleh perangkat desa dan pelaku UMKM se-Desa Talang. [Riris Meilinda Aqirin/NV]

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Sunday, May 5, 2024