KEMBANGAN – Masyarakat di Desa Kembangan terus melakukan kegiatan untuk meramaikan hari ulang tahun Republik Indonesia ke-74 . Di antaranya lomba volly dan lomba – lomba anak anak kecil. Kesempatan di berikan kepada mahasiswa KKN IAIN Tulungagung untuk berpartisipasi dalam rangka memeriahkan acara yang sangat istimewa ini. Acara lomba ini diselenggarakan oleh RT 01 & RT 02 .

Terlihat di Desa Kembangan ini masyarakatnya sangat kompak dan bersemangat dalam mengadakan acara acara rutinan seperti ini. Itu bisa dilihat tiap RT mengadakan acara PHBN tersendiri. Meskipun dari desa kembangan itu sendiri juga mempunyai acara yang telah tetap.

Antusias warga kembangan dalam menyambut acara ini begitu terlihat senang dan bersemangat. Itu bisa di lihat dari banyaknya warga yang berpartisipasi dalam acara tersebut dari kalangan anak – anak sampai orang tua.

Canda tawa serta keseruan terlihat dengan jelas dalam acara ini, apalagi ketika orang tua sedang berlomba menaiki egrang. Ada yang terjatuh ada juga yang dari garis start tak kunjung bisa menaiki – nya. Yang terpenting dalam acara ini adalah berpartisipasinya bukan mencari mana yang kalah dan mana yang menang, tak lain adalah kekompakan dan kebersamaan warga masyarakat desa Kembangan ini.

Acara perlombaan ini diadakan di lapangan belakang SD Kembangan. perlombaan di sini meliputi perlombaan untuk kategori dewasa dan anak anak. Untuk kategori dewasa perlombaan yang di lombakan berupa balap egrang, bakiak, gendong rijing, dan balap karung. Sedangkan dalam kategori anak anak ialah balap kelereng, makan kerupuk, dan sundul balon.

Dalam acara lomba tersebut dimeriahkan juga dengan adanya hiburan grup musik dan kreatifitas remaja kembangan “ardeska musik” . remaja kembangan saling unjuk gigi untuk memperlihatkan pentas seni yang telah di rancang lama untuk di tampilkan dalam acara tesebut. Partisipan dalam perlombaan ini dari kalangan anak – anak banyak juga yang dari luar RT 01 maupun RT 02, tak lain dari desa sebelah yakni desa Pakel dan desa Joho. Sedangkan dari kalangan remaja sampai orang tua juga banyak terlihat dari luar RT 01 dan RT 02.

Dalam acara ini kami dari Mahasiswa KKN pun juga mengikuti acara dari persiapan, pra acara, inti acara dan sampai acara tersebut selesai semua. Karena juga peralatan dan sebagainya dalam acara ini ialah dari warga dan tetangga sendiri, bukan menyewa ataupun mendatangkan dari luar untuk sound system juga dekorasinya.

Dan tugas kami disini di bagi menjadi beberapa bagian, ada yg di tugaskan untuk menyiapkan acara tersebut yg dikarenakan persiapan untuk acara tersebut tidaklah 1 hari jadi, melainkan beberapa hari, dari mulai rapat sampai mempersiapkan mencari bambu, menata lapangan yang digunakan untuk perlombaan.  

Ada yang menjadi bagian dari panitia lomba, termasuk MC, juri dalam perlombaan. Ada juga yang turut bernyanyi dalam group ardeska music guna menyumbangkan beberapa lagu untuk menghibur peserta lomba maupun penonton yang tumpah ruah di lapangan. Dan ada juga yg berpartsisipasi menjadi peserta lomba guna ikut meyemarakkan perlombaan namun tidak satupun yang mendapat juara dari mahasiswa KKN ini.

Menurut warga sekitar yang kita temui, acara di RT ini masih yang pertama kali di adakan, dengan harapan di RT ini setiap tahun bisa mengadakan acara yang sama. Dengan adanya acara ini di harapkan mampu menumbuhkan semangat proklamasi serta sportivitas tinggi dalam setiap ajang perlombaan. (*)

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Friday, May 3, 2024