Tulungagung, 7 Mei 2024 – Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) UIN SATU Tulungagung sukses menggelar acara Coaching Riset Serie ke-3 dengan fokus utama pada “Tren Riset Antropologi Agama”. Acara yang berlangsung pada tanggal 7 Mei 2024 ini dengan narasumber Prof. Yanwar Pribadi, Guru Besar Ilmu Antropologi Agama dari UIII.

Dalam sesi coaching tersebut, Prof. Yanwar Pribadi menggarisbawahi pentingnya memahami peran agama dalam konteks sosial, ekonomi, budaya, dan politik yang lebih luas. Beliau juga menyoroti keragaman etnis, kelas, dan status sosial di Indonesia sebagai faktor penting dalam memahami dinamika agama dalam masyarakat.

Sesi selanjutnya membahas potensi studi antardisiplin dalam kajian agama, dengan menggabungkan berbagai disiplin ilmu seperti antropologi, sosiologi, politik, ekonomi, dan hukum.

Metodologi etnografi dan penerapannya dalam era digital juga menjadi sorotan utama, di mana Prof. Pribadi menekankan pentingnya memanfaatkan teknologi digital dalam memahami praktik budaya dan hubungan sosial dalam masyarakat.

Acara ini dihadiri oleh para peneliti, akademisi, dan praktisi di bidang antropologi agama, yang diharapkan dapat memberikan wawasan baru terkait tren riset dalam bidang ini serta metodologi penelitian yang relevan di era digital.

Diharapkan, acara ini dapat menjadi landasan bagi pengembangan kajian keagamaan di Indonesia, sesuai dengan visi dan misi LP2M UIN SATU Tulungagung dalam meningkatkan kontribusi ilmu pengetahuan bagi masyarakat.

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Monday, May 27, 2024