TUMPAKKEPUH, BAKUNG – Seni adalah segala sesuatu yang diciptakan manusia yang mengandung unsur keindahan dan mampu membangkitkan perasaan orang lain. Dalam penutupan KKN UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung di Desa Tumpakkepuh, yang diadakan pada tanggal 18 Februari 2023 pukul 19.00-22.00, dimeriahkan dengan gebyar pentas seni yang ditampilan oleh siswa-siswi SDN 01 Tumpakkepuh dan SDN 02 Tumpakkepuh.

Manfaat adanya pentas seni antara lain: Melatih siswa untuk dapat berkreativitas, meningkatkan kemampuan keberanian tampil di depan publik, sebagai sarana hiburan untuk siswa, dapat menambah wawasan dan pengetahuan siswa tentang seni. Merujuk besarnya manfaat adanya pentas seni, maka mahasiswa KKN Desa Tumpakkepuh mengadakan kegiatan tersebut karena siswa tidak hanya belajar saja di dalam kelas, tetapi pengetahuan non akademik juga harus diadakan untuk memunculkan bakat-bakat siswa yang belum terlihat.

Kegiatan ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan khusus untuk acara penutupan KKN Desa Tumpakkepuh sebagai ajang pembuktian kreatifitas siswa-siswi SDN 01 dan SDN 02 Tumpakkepuh. Menurut Bapak Miswanto selaku Kepala Desa Tumpakkepuh,  beliau mengatakan “Kegiatan ini selain untuk meningkatkan kreatifitas siswa, juga sebagai wadah untuk menggali potensi seni yang dimiliki oleh siswa, serta sebagai bentuk melatih keberanian tampil didepan umum”.

Kegiatan pentas seni yang ditampilkan dalam rangkaian acara penutupan KKN antara lain: Pertama penampilan dari berbagai tarian tradisional, kedua penampilan lagu satru 2 dan Klebus, dan ditutup dengan persembahan kenang-kenangan hadiah dari siswa-siswi SDN 01 dan SDN 02 Tumpakkepuh. Gebyar pentas seni ini menjadi rangkaian momen yang haru bagi siswa-siswi SD dan seluruh anggota KKN. Dikarenakan malam pentas seni tersebut menjadi momen perpisahan KKN di Desa Tumpakkepuh. [KKN Tumpakkepuh 1/SN]

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Saturday, May 4, 2024