NGENI, WONOTIRTO – Dalam rangka pengembangan ekonomi kreatif  Desa  Ngeni, Divisi Ekonomi KKN Ngeni 2 bekerja sama dengan Divisi Ekonomi KKN Ngeni 1 melakukan sosialisasi inovasi produk UMKM. Dalam hal ini produk yang ditawarkan ialah nugget berbahan dasar tempe yang notabene belum banyak warga desa yang mengetahui olahan baru berbahan dasar kedelai tersebut. Disamping itu inovasi ini diharapkan membantu mendongkrak perekonomian masyarakat Desa Ngeni.

Kegiatan tersebut diadakan di Balai Desa Ngeni yang berada di Dusun Krajan Desa Ngeni Kecamatan Wonotirto. Demi terselenggaranya acara tersebut, pada tanggal 30 Januari, kami berkolaborasi dengan Bapak Iwan Haris Efendi selaku kepala desa, Karang Taruna Bhakti Luhur serta ibu-ibu Karang Taruna. Dengan senang hati mereka menyetujui kegiatan kami.

Acara berlangsung pada Sabtu, 04 Februari 2023 dengan pemateri dari kelompok KKN Ngeni 1 sedangkan pelatihannya dari kelompok KKN Ngeni 2. Sebelumnya, di malam hari,  kami sudah terlebih dahulu membuat adonan nugget di posko sehingga kami hanya memberi tahu resep beserta proses pengolahan adonannya kepada para peserta. Sekitar pukul 07.30 WIB, kami semua sudah bersiap di Balai Desa untuk mempersiapkan tempat, konsumsi dan lain sebagainya.

Beberapa dari kami menjemput Pak Iwan di lapangan belakang pasar lantaran beliau masih menghadiri acara penanaman TOGA yang diadakan oleh Divisi Kesehatan dan Lingkungan Hidup. Acara dimulai sekitar pukul 09.30 pagi dengan dihadiri oleh Pak Iwan beserta istrinya, ketua PKK beserta 5 anggotanya juga 15 pelaku UMKM Desa Ngeni.

Sekitar pukul 09.00 WIB, acara dimulai. Begitu peserta mengetahui bahwa tempe bisa dikreasikan menjadi nugget, mereka terkejut dan antusias mengikuti jalannya acara  dari awal hingga akhir. Mereka mengaku baru kali ini mengetahui bahwa tempe bisa dijadikan salah satu produk frozen food karena produk yang sudah lumrah ialah tempe goreng, tempe bacem dan mendoan tempe saja. [Kelompok KKN Ngeni 2/FD]

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Friday, Apr 26, 2024