PLANDIREJO, BAKUNG – Sabtu (11/02/2023), TK PKK 01 Ngadirejo menyelenggarakan peringatan Isra Mikraj. Kegiatan peringatan Isra Mikraj ini diisi dengan lomba menghias tumpeng bersama wali murid dan lomba menggambar untuk siswa-siswi TK baik dari kelas KB, kelas A dan kelas B. Lomba menghias tumpeng untuk para wali murid dibagi menjadi tiga kelompok sesuai dengan tingkat kelas putra putri mereka.

Lomba Menghias Tumpeng akan dilakukan di teras depan kelas sementara, di waktu yang sama siswa-siswi akan diberikan kegiatan Lomba Menggambar di dalam kelas. Lomba menghias tumpeng diberikan estimasi waktu 60 menit, yang kemudian hasilnya akan mendapatkan penilaian dari guru dan mahasiswa KKN. Ada tiga kategori penilaian yaitu Kekompakan, Kerapian, dan Kreativitas Kelompok.

Pukul 07.00 WIB, siswa-siswi TK diarahkan untuk melakukan rutinitas senam pagi di halaman sekolah. Sementara ibu-ibu wali murid mempersiapkan lomba menghias tumpeng di teras dengan didampingi guru. Mahasiswa KKN mengkondisikan siswa-siswi TK untuk masuk ke kelas agar kegiatan di hari itu tetap kondusif. Lomba di mulai pada pukul 08.00 WIB, baik lomba menggambar ataupun lomba menghias tumpeng.

Setelah batas waktu menghias berakhir, mahasiswa KKN berkeliling untuk melihat hasil hiasan wali murid. Penilaian dilakukan dengan hati-hati dan teliti. Setelah melakukan penilaian, Guru dan mahasiswa KKN mendiskusikan hasil penilaian di kantor. Sebelum pemenang lomba menghias tumpeng diumumkan, seluruh siswa-siswi, guru, wali murid beserta mahasiswa KKN melakukan makan bersama dari hasil kerja keras wali murid. Sementara itu, di kelas, semua siswa-siswi TK mendapatkan snack sebagai penghargaan mereka dalam lomba menggambar.

Pemenang diumumkan oleh guru TK PKK 1, wali murid dari kelas KB memperoleh kemenangan berdasarkan hasil penilaian karena dilihat dari segi kreatifitas, kerapian, dan kekompakan. Mereka mendapatkan jumlah nilai yang paling tinggi. Bu Endang, selaku kepala sekolah, pun menyerahkan hadiah kepada perwakilan dari setiap kelompok sesuai dengan peringkatnya.

Para wali murid begitu antusias menerima hadiah dari para guru. Mereka begitu penasaran melihat bungkusan-bungkusan hadiah berbentuk kubus. Hingga akhirnya, bungkusan-bungkusan hadiah itu dibuka dan membuat seluruh ibu-ibu wali murid tertawa mendapati serenteng Royco. Kegiatan peringatan Isra Mikraj hari itu berakhir dengan begitu seru. Dengan diadakannya lomba menghias tumpeng secara berkelompok, dapat meningkatkan kerjasama dan kekompakan wali murid. [Arina Manasikana/FD]

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Sunday, May 5, 2024