NGERDANI, DONGKO – Kegembiraan anak itu penting. Jadi, belajar dengan gembira menjadi salah satu metode agar anak nyaman. Mahasiswa KKN IAIN Tulungagung di Desa Ngerdani Kecamatan Dongko pun mengajak anak-anak untuk belajar sablon cukil. Selain itu, diselingi permainan tradisional dan lapak baca buku gratis. Kegiatan itu digelar Minggu 4 Agustus 2019, bertempat di Lapangan Volly Beringin Desa Ngerdani Dusun Sobo,

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Desa Punjung Budi S. beserta Ketua Karang Taruna, Ketua IPNU IPPNU, anak anak Desa Ngerdani dan warga Desa Ngerdani. Jumlah perserta anak – anak sekitar 20 orang sedangkan untuk remaja dan pemuda-pemudi karantaruna sekitar 20 orang.

Acara ini dimulai pukul 09:00 WIB yang diawali dengan sosialisasi kemudian pengenalan permainan tradisional serta dilanjutkan dengan teknik sablon cukil dengan pemateri sekaligus fasilitator Nanang salah satu Pegiat Seni Rupa asal Tulungagung. Kemudianm, diselingi baca buku gratis oleh Perpus Jalanan Trenggalek (Literaksi Berteman Hati), Ruang Baca Blitar dan Perpus Jalanan Jombang.

Tujuan dari acara ini adalah meningkatkan minat baca, melestarikan permainan tradisonal, mengenalkan seni cukil, dan mengurangi penggunaan gadget pada era globalisasi saat ini. Terlihat dengan diadakanya acara tersebut, antusias para peserta terlihat sangat jelas.

Misal anak – anak yang belum terlalu mengenal begitu baik tentang permainan tradisional contohnya gasing yang berasal dari bambu, permainan mil-milan yang berasal dari batang bamboo yang dipotong kecil-kecil serta permainan dam-dam an dan egrang Batok.

Kegiatan ini terdiri dari bermain permainan tradisional, belajar seni cukil, mendisign sendiri sablon untuk kemudian ditempelkan dikaos dan menjadi sablon, membaca buku, menggambar, dan mewarnai. Acara ini ditutup pukul 13.00 WIB dengan pengumuman pemenang mewarnai dan sebagai hadiahnya diberikan sebuah buku. (*)

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Sunday, May 5, 2024