Bumirejo – Taman Pendidikan Quran atau biasa disebut dengan TPQ merupakan suatu  lembaga nonformal atau tempat dimana anak-anak membelajari membaca, menulis dan menghafal Al-Quran atau pun tentang pembelajaran agama islam.

Kuliah Kerja Nyata (KKN) telah berlangsung, berbagai kegiatan telah terlaksana dan didukung oleh masyarakat yang menyambut baik kedatangan para mahasiswa KKN menjadi cambuk bagi mahasiswa KKN untuk lebih semangat dalam menjalankan pengabdian.

Hal ini juga dirasakan oleh mahasiswa KKN di Desa Bumirejo Kecamatan Kesamben, Blitar. Dimana dalam satu desa terbagi menjadi 2 kelompok kerja atau biasa disebut dengan 2 posko. Posko pertama berada di dusun Sukorejo dan posko kedua berada di dusun Bumirejo. Masing-masing kelompok mendapatkan 2 wilayah yang harus ditelusuri.

Berbagai Kegiatan telah dilakukan khususnya di posko Bumirejo 1 yakni mengajar TPQ yang ada di dusun Sukorejo dan juga dusun Bangunrejo. Masing-masing dusun memiliki TPQ yang memberikan ilmu tentang agama islam kepada anak-anak. Mahasiswa KKN posko Bumirejo 1 mengampuh 3 TPQ sekaligus, setiap sore pembelajaran dilakukan. Ketiga TPQ tersebut yakni TPQ Al-Hidayah yang bertempat di Sukorejo Kidul, TPQ Hidayatul Mubtadi’ien yang ada di dusun Sukorejo, dan TPQ Sirojul Munir yang ada di dusun Bangunrejo.

Kegiatan ini sudah dapat dukungan dari para guru yang mengampuh TPQ dan juga mendapatkan antusias yang begitu luar biasa dari anak-anak. “Anak-anak bahkan menjadi lebih semangat untuk beraangkat mengaji saat tau yang mengajar mereka Kakak dari KKN IAIN Tulungagung,” ucap salah satu guru TPQ di Bangunrejo. Semangat dan dukungan yang diberikan oleh masyarakat sekitar seperti penambah semagnat tersendiri bagi mahasiswa KKN untuk mengabdi pada masyarakat. (Devisi Publikasi, Posko Bumirejo 1)

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Saturday, May 4, 2024