KEBOIRENG, BESUKI-  Pos pelayanan terpadu (Posyandu) merupakan bentuk program di bidang kesehatan yang berada di masing-masing desa. Pada  masa kecil mungkin kita ingat pernah diajak pergi ke posyandu oleh orang tua kita untuk cek kesehatan, timbang berat badan dan pemberian vaksin. Posyandu tersebut merupakan posyandu balita yang ditujukkan untuk anak-anak di bawah lima tahun. Selain posyandu balita ada juga posyandu yang ditujukkan untuk orang lanjut usia (lansia)

Salah satu posyandu yang berada di Desa Keboireng menjadi tempat bagi mahasiswa KKN untuk melakukan pengabdian, yaitu posyandu lansia yang berada di RT 03 RW 01. Divisi kesehatan dan lingkungan hidup bekerja sama dengan pihak posyandu untuk membantu kegiatan ini karena ingin berkontribusi aktif dalam masyarakat desa sekaligus untuk belajar dari petugas tentang pelayanan posyandu. Kegiatan ini rutin diadakan setiap satu bulan sekali setiap tanggal 15 mulai pukul 07.00 WIB dan pada bulan ini sudah dilaksanakan dan berjalan dengan lancar. Mahasiswa KKN berpartisipasi dalam membantu kegiatan posyandu seperti memandu lansia untuk menimbang berat badan dan merekap hasil berat badan tersebut. Kegiatan tersebut berjalan cukup kondusif dan lancar. Mahasiswa KKN tidak mengalami kesulitan dalam memberikan pelayanan karena dibimbing dengan baik oleh petugas posyandu.

Para lansia yang berpartisipasi terlihat cukup senang. Karena selain mendapat pelayanan yang baik mereka juga dapat bertemu dan bercengkrama dengan kawan-kawan seusia. Mahasiswa dari KKN IAIN Tulungagung disambut ramah dan berbincang hangat dengan para lansia. Setelah melakukan periksa berat badan dan dicatat. Para lansia dibimbing ke halaman posyandu yang cukup luas. Mahasiswa KKN membantu menyiapkan sound system yang akan digunakan untuk menyetel musik senam.

Senam pun dimulai dengan bimbingan dari instruktur. Dengan hitungan 1 sampai 8 instruktur mamandu senam dengan diiringi musik koplo yang di remix. Para lansia mengikuti gerakan dengan teratur meskipun terlihat kesulitan akan tetapi tetap berusaha untuk mengikuti senam bersama dengan mahasiswa KKN. Bahkan ketika selesai senam para lansia tersebut masih meminta untuk dilakukan senam sekali lagi meskipun hari sudah mulai panas dan matahari mulai terik.

Petugas kesehatan dari puskesmas datang setelah senam usai dan para lansia melakukan cek kesehatan. Cek kesehatan berupa periksa tekanan darah dan pemberian obat sesuai dengan keluhan yang diderita. Setelah pemeriksaan selesai para lansia kemudian berpamitan untuk pulang. Kegiatan selesai pukul 11.30 dan diakhiri dengan foto bersama petugas posyandu dan kesehatan. (Fa’iz Firmansyah Fahmi). Keboireng, Besuki

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Monday, Apr 29, 2024