SAMAR- Dalam rangka melaksanakan program kerja Devisi Kesehatan dan Lingkungan Hidup dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata gelombang II IAIN Tulungagung di Desa Samar Kecamatan Pagerwojo Kabupaten Tulungagung, para mahasiswa melakukan kegiatan sosialisasi pentingnya gizi seimbang dan pembagian puding buah dan sayur dalam kegiatan Posyandu di masyarakat Desa Samar Dusun Gading.

Program kerja devisi Kesehatan dan Lingkunagn Hidup yaitu mengadakan sosialisasi yang bertema Pentingnya Gizi Seimbang dan pembagian puding buah dan sayur yang dihadiri oleh Ibu Bidan Indah dan perawat Ibu Nir, ibu-ibu kader posyandu dan dibantu oleh beberapa devisi lainnya. Kegiatan ini dilaksanakan dirumah Bapak Sumaji tepatnya di Dusun Gading RT 01 RW 05 pada hari Selasa 6 Agustus 2019 dan berlangsung dari jam 08.00- 11.00 WIB.

Dalam sosialisasi Pentingnya Gizi Seimbang dan pembagian puding buah dan sayur, dari devisi kesehatan membawakan materi terkait dengan Pentingnya Gizi Seimbang untuk Anak Usia 0-5 tahun. Tema dari sosialisasi ini dilatarbelakangi dari banyaknya balita di Desa Samar yang kurang menyukai buah dan sayur, karena hal tersebut devisi kesehatan berinisiatif membuat makanan yang mayoritas disukai oleh balita yaitu berupa puding. Namun puding kali ini berbeda dengan yang biasanya, perbedaannya terletak pada campuran buah dan sayur. Setelah kegiatan sosialisasi, dilanjut dengan pembagian puding serta mempresentasikan bahan dan cara membuatnya.

Kegiatan posyandu yang rutin dilakukan di rumah bapak Sumaji selaku ketua RW 05, dimulai dari teman-teman yang membantu ibu-ibu kader dalam menjalankan tugasnya dari menimbang berat badan balita, mengukur tinggi badan, lingkar kepala balita, pemberian vitamin A dan obat cacing.  Kegiatan terakhir yaitu penyampaian Bu Bidan Indah mengenai berat badan balita yang tidak bertambah dikarenakan sakit yang harus di  perhatikan ibu balita dan tentang hidup sehat yang harus diterapkan.

Dalam kegiatan ini, devisi kesehatan berbagi tugas antara posko I Samar dan posko II Samar berjalan dengan lancar sesuai yang diharapkan. (Niken Sheila)

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Tuesday, May 7, 2024