BARANG, PANGGUL – Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) itu salah satu usaha yang dapat meningkatkan kemandirian ekonomi suatu desa. Berbagai kegiatan UMKM dapat dilakukan dengan berbagai hal seperti berdagang, produksi barang maupun jasa. Selain mengentaskan masyarakatan dari kemiskinan kegiatan UMKM juga dapat meningkatkan lapangan pekerjaan yang ada di daerah setempat.

Seperti halnya kegiatan peserta KKN IAIN Tulungagung di Desa Barang Kecamatan Panggul. Pada 6 Agustus 2019, untuk mengembangkan kegiatan UMKM di Desa Barang peserta KKN beserta pemerintah desa dan kecamatan mengadakan kegiatan dengan tema Perizinan Usaha Micro berbasis Online Single sub Mission.

Bersama dengan pelaku UMKM di Desa Barang kami berharap dengan adanya acara ini UMKM di Desa Barang lebih berkembang. Selain meningkatkan produk lokal yang ada kegiatan UMKM diharapkan dapat meningkatkan daya saing, sehingga potensi yang ada di Desa Barang tetap eksis dan tidak tergantikan dengan produk asing.

Selain penyampaian materi tentang pentingnya perizinan usaha yang disampaikan oleh Sekretaris Kecamatan yaitu Jati Mustika Dhani S.S.T.P., masyarakat desa pelaku UKM juga diarahkan dan dibimbing untuk mendaftar perizinan online.

Dengan dibantu oleh teman-teman KKN IAIN Tulungagung masyarakat tampak bersyukur dengan adanya pendaftaran perizinan usaha secara kolektif yang memudahkan masyarakat desa. Kami berharap dengan adanya kegiatan ini masyarakat dapat mengembangkan usaha dan menjadikan usaha di desa setempat yang terpercaya, serta dapat membantu pemerintah desa untuk mengentaskan masyarakat dari kemiskinan. (fit)

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Saturday, May 4, 2024