Pule – Sekarang ini sedang digalakkan kembali penggunaan wadah makanan dari bambu untuk mengurangi penyebaran limbah plastik. Juga, terdapat banyaknya potensi bambu yang ada di Desa Pule. Hal itulah yang mendorong mahasiswa KKN Posko 2 Desa Pule untuk mengadakan pelatihan pembuatan kerajinan bambu. Pelatihan yang bertajuk “Pemberdayaan Potensi Masyarakat Penerima Program Keluarga Harapan (PKH)” tersebut digelar pada hari Jumat 09 Agustus 2019 di kediaman Kepala Dusun Tirisan Bapak Sarno.

Peserta dari pelatihan tersebut diambil dari kelompok masyarakat penerima dana Program Keluarga Harapan (PKH) RT 50, 51, 52, dan 66 Dusun Tirisan Desa Pule yang beranggotakan 32 anggota. Dipilihnya anggota masyarakat penerima PKH tersebut bertujuan untuk menciptakan anggota kelompok PKH yang mempunyai keterampilan, mandiri, dan dapat berwirausaha sehingga mereka tidak selalu bergantung pada dana PKH yang diberikan.

Selanjutnya, mahasiswa KKN mengundang Ibu Bibit Andayani dari sentra kerajinan “Bambu Indah” Desa Wonoanti Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek sebagai narasumber dan trainer. Dalam acara tersebut turut hadir Ketua PKH Kecamatan Pule dan juga Pendamping PKH Desa Pule.

Masyarakat tampak sangat antusias untuk mengikuti pelatihan membuat besek dari bambu. Tak mau ketinggalan, mahasiswa KKN pun juga sangat bersemangat untuk belajar menganyam setiap keratan helai bambu yang ada. Harapanya, dengan diadakanya kegiatan ini dapat menumbuhkan semangat berwirausaha dalam diri masyarakat.

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Sunday, Apr 28, 2024