PUYUNG, PULE – Dalam upaya memperluas pemasaran UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) di Desa Puyung Kelompok 2 KKN Desa Puyung menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Pemasaran Usaha Berbasis E-Commerce. E-Commerce merupakan singkatan dari Electronic Commerce yang artinya sistem pemasaran secara atau dengan media elektronik. E-Commerce ini mencakup distribusi, penjualan, pembelian, marketing dan service dari sebuah produk yangdilakukan dalam sebuah system elektronika seperti Internet atau media sosial. Media sosial pada zaman sekarang yang tak luput dengan kehidupan masyarakat yang luas,  media sosial juga sudah beralih fungsi yang dulu hanya sebagai alat komunikasi antar individu. Namun sekarang sudah menjadi alat untuk jual beli antar kota bahkan negara. 

Terwujudnya kegiatan ini dikarenakan kami melihat potensi UMKM yang ada di Dusun Ponggok, Desa Puyung sangat melimpah. Mulai dari UMKM keripik singkong, kerupuk singkong, rengginang singkong dan gula aren. Namun, banyak UMKM yang masih belum bisa menembus pasar luar Desa Puyung. Jadi UMKM yang ada di dusun ini hanya di pasarkan di daerah Desa Puyung saja. Padahal jika bisa menembus pasar luar Desa Puyung hal ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Dusun Ponggok, Desa Puyung.

Kegiatan Sosialisasi Pemasaran Usaha Berbais E-Commerce dilaksanakan pada hariSabtu, 06 Agustus 2022, bertempat di kantor Balai Desa Puyung. Kegiatan ini diikuti oleh para pelaku UMKM yang berada di Dusun Ponggok, Desa Puyung. 

Narasumber Sosialisasi Pemasaran Usaha Berbais E-Commerce adalah anggota kelompok dari KKN kelompok 2 Desa Puyung yang bernama Eky Rahmasari. Ia merupakan mahasiwa yang sudah lama berkecimpung di dalam pemasaran usaha berbasis E-commerce. Disini narasumber memaparkan mulai dari cara pembuatan akun E-Commerce,manfaat E-Commerce, contoh E-comerce yang telah berkembang di media sosial, pengemasan produk, serta strategi pemasaran di media social.

Kegiatan ini di awali dengan pembukaan dan perkenalan dari anggota KKN kelompok 2 Desa Puyung dan dilanjutkan perkenalan nama dan UMKM yang dijalankan oleh  para peserta sosialisasi. Selanjutnya di akhir pemaparan materinya narasumber juga memberikan kesempatan bagi para peserta sosialisasi untuk bertanya bahkan untuk menindaklanjuti kegiatan ini narasumber juga memberikan nomer teleponnya agar para peserta sosialisasi dapat berkonsultasi di luar forum sosialisasi.

Adapun tujuan yang diharapkan oleh anggota KKN kelompok 2 Desa Puyung selain sebagai upaya memperluas pemasaram UMKM di Desa Puyung, sosialisasi pemasaran usaha berbais E-Commerce juga memiliki tujuan sebagai berikut :

  1. Sosialisasi ini dibuat agar masyarakat mengenal pasar baru yang berbasis media sosial.
  2. Sosialisasi ini dibuat agar masyarakat memahami pentingnya penggunaan media sosial untuk berdagang.
  3. Sosialisasi ini dibuat agar masyarakat mengaplikasikan media sosial untuk berdagang dengan baik.
  4. Sosialisasi ini diharapkan dapat mengenalkan pasar baru yang ada di media sosial. Masyarakat selain mengenal pasar yang ada di media sosial, sosialisasi ini diharap memberikan pemahaman tentang bagaimana pengaplikasian media sosial untuk berdagang dengan baik. Agar bisa memasarkan produk yang mereka jual.
Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Thursday, May 16, 2024