Kradinan-Pagerwojo. Senin, 08 Agustus 2022 pukul 10.00 WIB mahasiswa UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung mengadakan kegiatan workshop yang bertemakan “Memaksimalkan Potensi Desa Kradinan untuk Mendukung Peningkatan Perekonomian Pasca Wabah PMK”. Tujuan dari diadakannya kegiatan ini ialah guna meningkatkan perekonomian pasca wabah PMK yang menyebar hampir di seluruh wilayah Desa Kradinan. Isi dari kegiatan workshop ini adalah cara mengolah susu segar menjadi permen susu dan yogurt agar bisa di konsumsi dan di jual belikan dengan nilai jual yang lebih tinggi dari pada tanpa diolah. 

Mahasiswa KKN UIN SATU Tulungagung juga bekerja sama dengan ibu Peni Nohantiya, S.Pd., M.Pd yang berasal dari desa Jatinom, Kanigoro, Blitar. Ibu Peni hadir sebagai pemateri pada kegiatan workshop ini untuk berbagi ilmu dan pengetahuan terkait pembuatan permen susu dan yogurt. Kegiatan ini di hadiri oleh bapak DPL yaitu bapak Adi Wijayanto dan ibu-ibu perwakilan dari setiap dusun di Desa Kradinan. Setiap dusun mengirimkan perwakilan sebanyak 6 orang ibu-ibu rumah tangga.

Ibu Peni dengan luesnya menyampaikan materi yang di berikan. Pertama, beliau memaparkan informasi gizi dari susu murni yang setiap harinya diperah oleh masyarakat Desa Kradinan. Beliau menyampaikan ada berbagai macam hasil olahan dari susu, diantaranya: susu pasteurisasi, yogurt, permen susu, es krim, stik susu, dodol susu, keju, dll. Setelah selesai menyampaikan cara pembuatannya melalui media power point yang di paparkan di layar monitor, Ibu Peni bergegas mempraktikkan cara pembuatannya dengan di bantu oleh mahasiswa KKN UIN SATU Tulungagung.

Yang pertama, beliau mempraktikkan cara pembuatan yogurt dengan langkah-langkah yang beliau sampaikan sebelumnya. Ibu Peni juga membawa contoh hasil olahan yogurt dari setiap langkahnya, dikarenakan pembuatan yogurt memerlukan waktu yang cukup lama tidak bisa diselesaikan dalam waktu yang singkat. Sambil menunggu proses pembuatan yogurt, beliau juga menunjukkan cara pembuatan permen susu. Ibu-ibu Desa Kradinan juga ikut serta mempraktikkan proses mencetak adonan permen, memotong adonannya dan dilanjutkan membungkus permen susu tersebut dengan kertas permen. 

Kegiatan workshop tersebut ditutup oleh Ibu Peni sebagai pemateri kemudian dilanjutkan sesi ramah tamah dan pemberian souvenir yang telah disiapkan oleh panitia dari mahasiswa KKN UIN SATU Tulungagung. Kegiatan ini mendapatkan apresiasi yang baik dari ibu-ibu yang hadir dalam workshop pembuatan yogurt dan permen susu yang di selenggarakan oleh mahasiswa KKN UIN Satu Tulungagung. Dengan diadakannya kegiatan workshop ini mahasiswa KKN UIN SATU Tulungagung berharap agar kedepannya masyarakat Desa Kradinan dapat mengolah susu hasil perahananya sehingga  dapat di konsumsi dan di perjual belikan dengan nilai jual yang lebih tinggi. Dan juga harapannya agar kegiatan workshop ini mampu terealisasikan guna memulihkan perekonomian yang turun pasca wabah PMK.(Latifatul Mufidah)

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Monday, Apr 29, 2024